News
Senin, 13 Agustus 2012 - 21:39 WIB

PESAWAT CANGGIH: Wuih, Kecepatan Pesawat ini 3.600 km per Detik

Redaksi Solopos.com  /  Amiruddin Zuhri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Daily Mail

Daily Mail

NEW YORK—Ini bukan kendaraan super cepat dalam film Thunderbirds, tetapi sebuah mesin nyata berkemampuan luar biasa cepat. Mesin pesawat ini dirancang mampu mencapai kecepatan 2.000 mil per detik atau sekitar 3.600 km per detik.

Advertisement

X-51a WaveRider, itulah nama pesawat yang hari ini rencananya akan diujicobakan. Menggunakan mesin ‘scramjet’ revolusioner, pesawat ini mampu mencapai enam kali kecepatan suara. Dengan kecepatan yang dimiliki itu dia mampu menempuh London-New York  kurang dari satu jam.

Hari ini, Selasa (14/8) mesin tersebut akan diujicobakan dengan cara dijatuhkan dari sebuah pembom B52. Alat ini diletakkan di sayap pesawat dan terbang dari Edwards dengan ketinggian sekitar 50.000 kaki di atas Samudera Pasifik dekat Point Mugu.

Selanjutnya mesin tersebut akan dilepas. Keseluruhan misi akan berlangsung hanya 300 detik. Tetapi ujicoba ini adalah yang terlama setelah ujicoba sebelumnya sempat gagal.

Advertisement

Penerbangan hipersonik dipandang sebagai langkah berikutnya untuk pesawat. “Mencapai penerbangan hipersonik yang berkelanjutan seperti pergi dari baling-baling yang digerakkan pesawat untuk pesawat jet, ” kata Robert Mercier, wakil untuk teknologi di divisi sistem kecepatan tinggi di Laboratorium Penelitian Angkatan Udara di Ohio seperti dikutip The New York Times.

“Penerbangan hipersonik adalah salah satu daerah yang merupakan perbatasan potensi aeronautika. Saya percaya kita sedang berdiri di depan daerah itu,” katanya.

Proyek ini didanai NASA dan Pentagon, dan berharap dapat digunakan untuk pesawat siluman militer sistem persenjataan baru.

Advertisement

Menurut Globalsecurity.org, sebuah situs web untuk penelitian kebijakan militer., program WaveRider ini diperkirakan menelan biaya $140 juta (Rp1,3 triliun),

Dalam tes ini pesawat akan terjun bebas selama empat detik di atas Samudera Pasifik sebelum pendorong mesin roket menyala dan mendorong pesawat selama 30 detik. Dan dalam waktu itu pesawat sudah akan mencapai 4,5 kali kecepatan suara.

WaveRider ini diharapkan dapat mempercepat menjadi sekitar Mach 6 karena naik menjadi hampir 70.000 kaki. Setelah 300 detik penerbangan, WaveRider diatur untuk meledak di atas Pasifik. (Daily Mail)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif