News
Senin, 5 Oktober 2015 - 18:30 WIB

PESAWAT AVIASTAR HILANG : Serpihan Dipastikan Badan Pesawat Aviastar? Basarnas: Nanti Dulu

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat twin otter Aviastar (aviastar.biz)

Pesawat Aviastar yang hilang di jalur Masamba-Makassar Jumat (2/10/2015) lalu disebut-sebut telah ditemukan.

Solopos.com, JAKARTA — Meskipun muncul informasi penemuan serpihan pesawat di Bukit Babajan, Pegunungan Latimojong, Luwu, Sulawesi Selatan, Basarnas enggan memastikan bahwa temuan itu berasal dari pesawat Twin Otter yang dioperasikan Aviastar yang hilang sejak Jumat (2/10/2015) lalu.

Advertisement

Kepala Basarnas, Marsdya TNI FHB Soelistyo, mengaku sudah menerima laporan tentang penemuan tersebut. Penemuan tersebut berasal dari seorang warga yang diteruskan ke tim gabungan yang berada di area pencarian sektor 1 dan 3. Berdasarkan informasi yang dia terima, serpihan itu berupa badan pesawat atau masyarakat menyebutnya bangkai pesawat.

“Saya baru saja mendarat dari area pencarian, kemudian saya dapat laporan itu dari tim gabungan di sektor 1 dan 2. Ada masyarakat bersama tim gabungan menemukan indikasi pesawat yang kita cari. Tapi untuk clear ya atau tidak, besok pagi saya akan mengonfirmasikan langsung lewat darat,” kata Soelistyo dalam wawancara via telepon yang ditayangkan live di Metro TV, Senin (5/10/2015) petang.

Menurut Soelistyo, dirinya belum bisa memastikan bahwa serpihan pesawat itu berasal dari pesawat Twin Otter Aviastar yang hilang. Untuk memastikan, dia harus melihatnya sendiri esok hari bersama timnya. “Tidak bisa begitu [saja percaya], laporan yang sudah diterima [banyak], tapi saya harus melihat sendiri.”

Advertisement

Berdasarkan informasi tersebut, serpihan pesawat diduga Aviastar ditemukan di Babajan, Luwu, Sulawesi Selatan, atau berada di antara sektor 1 dan sektor 3 pencarian. Karena hari sudah gelap, pencarian akan dilanjutkan besok pagi.

Soelistyo juga enggan buru-buru menyimpulkan apakah lokasi ini berada dalam jalur penerbangan atau tidak, apalagi mengonfirmasi dugaan pemotongan jalur oleh pilot. “Saya tidak berpikir ke situ [dugaan pemotongan jalur penerbangan,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif