News
Selasa, 6 Oktober 2015 - 01:30 WIB

PESAWAT AVIASTAR HILANG : PT Aviastar Mandiri Siapkan Kompensasi

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat twin otter Aviastar (aviastar.biz)

Pesawat Aviastar hilang kontak dan hingga saat ini belum diketahui.

Solopos.com, JAKARTA — Pencarian pesawat Aviastar MV ?7503, terhitung sejak Jumat (2/10/2015), hingga Senin (5/10/2015), masih nihil. Meski keberadaan pesawat belum ditemukan, PT Aviastar Mandiri menyiapkan kompensasi bagi keluarga seluruh penumpang dan awak kabin pesawat tersebut.

Advertisement

“Ada. Kompensasi itu sudah jelas. Nanti kami akan tanggung semua,” ujar Direktur Utama PT Aviastar Mandiri, Muhammad Sundoro di kantor Aviastar, Kalimalang, Jakarta Timur, Senin, sebagaimana dilansir Okezone.

Sundoro mengatakan, sudah menjadi kewajiban operator penerbangan untuk menyiapkan kompensasi jika memang ada kecelakaan pesawat.

Advertisement

Sundoro mengatakan, sudah menjadi kewajiban operator penerbangan untuk menyiapkan kompensasi jika memang ada kecelakaan pesawat.

Menurut Sundoro, hal tentang kompensasi tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 soal tanggung jawab pengangkut angkutan udara. Meski begitu, Sundoro tidak menyebut nominal kompensasi yang disiapkan perusahaannya.

“Ada standarisasi asuransi untuk mereka. Ada dan itu semua kami patuhi,” imbuh Sundoro.

Advertisement

Aviastar merupakan pesawat perintis berpenumpang 10 orang termasuk kru. Menurut Petrus, kecilnya pesawat tidak ada hubungannya dengan kendala pencarian.

“Ya harusnya enggak ada hubungannya [pesawat kecil]. Karena dari KNKT dan Basarnas bilang medannya berat,” kata Petrus.

Petrus enggan berspekulasi atas nasib pesawat. Yang terpenting saat ini adalah pencarian korban. “Kita enggak bisa berspekulasi,” tuturnya.

Advertisement

Aviastar hilang kontak sejak, Jumat (2/10/2015) lalu, sekitar pukul 14.36 WITA, dalam perjalanan menuju Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pesawat itu hilang kontak usai 11 menit lepas landas dari Bandara Andi Jemma, Masamba, Sulsel.

Pesawat Twin Otter milik Aviastar MV 7503 tersebut, berjumlah tujuh penumpang dan tiga kru. Pencarian sudah dilakukan melalui udara, laut, dan darat. Namun hingga kini keberadaan pesawat itu masih misterius.

Pesawat Aviastar MV 7503 yang hilang kontak,? seharusnya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 15.39 WITA dengan lama penerbangan sekitar 70 menit. Pesawat yang teregister dengan nomor PK-BRM/DHC6 itu diawaki Kapten Pilot Iri Afriadi dan Co-Pilot Yudhistira serta teknisi Sukris.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif