News
Selasa, 30 Desember 2014 - 15:15 WIB

PESAWAT AIRASIA DITEMUKAN : Temukan Serpihan dan Sosok Mayat, Ini Langkah yang Ditempuh Basarnas

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penemuan mayat di Selat Karimata (Basarnas/TV One)

Pesawat Airasia yang hilang hampir pasti ditemukan. Basarnas menyatakan serpihan yang ditemukan di Selat Karimata 95% dipastikan berasal dari Airasia QZ 5801.

Solopos.com, PANGKALAN BUN – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) F.H. Bambang Soelistyo menyatakan serpihan yang ditemukan di Selat Karimata 95% dipastikan berasal dari Airasia QZ5801 yang hilang sejak Minggu (28/12/2014).

Advertisement

Soelistyo mengatakan, selanjutnya tim pencari Airasia akan melaksanakan sejumlah langkah.

“Pertama kami akan mencari dan mengevakuasi semua benda-benda atau barang-barang, [serta] jasad para penumpang,” katanya dalam keterangan pers yang disiarkan Metro TV, Selasa (30/12/2014).

Soelistyo mengaku akan memastikan seluruh barang dan jasad akan dievakuasi ke Pangkalan AJU atau pangkalan yang dijadikan tempat pesinggahan pesawat TNI AU di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Advertisement

Selanjutnya timnya akan meyakinkan posisi dari bagian lain dari pesawat Airasia QZ 8501 di sekitar wilayah penemuan ini.

“Saya sudah siapkan pasukan penyelam. Untuk saat ini ada 11 orang [penyelam] dari dinas penyelam TNI AL, 10 Orang dari rescuer, Basarnas,” lanjutnya.

Tahap selanjutnya, tim ini akan menyiapkan pengamanan dan sistem untuk bisa membantu menyelesaikan proses investigasi.

Advertisement

Soelistyo mengatakan kedalaman laut Selat Karimata, tempat ditemukannya serpihan, berkedalaman 25 meter hingga 30 meter.

“Oleh karena itu penyelam masih bisa kita manfaatkan untuk evakuasi, kalau ke depan seandainya kita memerlukan alat yang lebih modern, kita akan meminta bantuan,” tutup dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif