News
Selasa, 30 Desember 2014 - 17:15 WIB

PESAWAT AIRASIA DITEMUKAN : Sinyal Ponsel Penumpang Terdeteksi di Barat Kalimantan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Airbus 320-200 milik maskapai penerbangan Airasia (airbus.com)

Pesawat Airasia ditemukan dari serpihan dan jenazah penumpang. Sementara itu, ada penumpang yang kemungkinan tak mematikan ponsel seperti dalam standard keamanan penerbangan.

Solopos.com, JAKARTA — Polri mendapati sinyal telepon seluar (ponsel) atau handphone dari salah satu penumpang pesawat AirAsia QZ-8501 yang menunjukkan lokasi berada di barat Pulau Kalimantan.

Advertisement

Kapolri Jenderal Pol. Sutarman mengatakan selain melakukan penyisiran terhadap lokasi-lokasi yang diduga letak jatuhnya pesawat, Polri juga melacak melalui daftar nomor ponsel seluruh penumpang pesawat nahas tersebut.

“Koordinatnya di sebelah barat Kalimantan. Satu sinyal dari satu nomor,” ujarnya, Selasa (30/12/2014). Dia menjelaskan dari sekian ratus penumpang pesawat, ada beberapa penumpang yang kemungkinan lupa mematikan telepon genggam saat terbang.

Ketika terbang, sinyal dari perangkat tersebut terputus. Ketika dalam posisi tidak terbang, sinyal kembali tersambung dengan base tranceiver station (BTS). “Jadi itu adalah temuan analisis IT kami. Nomor HP penumpang kami olah dan dimonitoring sehingga kami peroleh informasi,” paparnya.

Advertisement

Sejumlah serpihan dari pesawat Airbus 320-200 AirAsia QZ8501 dipastikan telah ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, hari ini.

Selain itu, juga ditemukan enam jenazah (tiga di antaranya sudah dievakuasi) dan pintu darurat yang dipastikan bagian dari pesawat AirAsia QZ8501. Pesawat yang mengangkut 155 penumpang dan tujuan awak dengan rute Surabaya-Singapura itu dinyatakan hilang dari Air Traffic Controller pada pukul 07.55 WIB, Minggu (28/12/2014).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif