News
Senin, 6 Agustus 2012 - 16:00 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Jogja Anjlok

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Pertumbuhan ekonomi DIY Triwulan ke-2 tahun ini anjlok.

Advertisement

Kabid Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Andi Suwandi dalam siaran pers Senin (6/8) melansir, pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan II 2012 turun 4,27 % dibanding Triwulan I yang kala itu naik 1,53%.

Pertumbuhan ini diukur dari kenaikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan 2000. Kendati secara triwulan mengalami penurunan, pertumbuhan ekonomi triwulan II dibanding triwulan yang sama 2011 (yoy) tercatat naik 5,23%.

Adapun total PDRB triwulan II atas dasar harga berlaku (nilai barang dan jasa yang dihasilkan setelah menghitung inflasi) mencapai Rp13,55 triliun. Lebih rendah dibanding triwulan I yang mencapai Rp14 triliun. Sedangkan atas dasar harga konstan 2000, nominal PDRB hanya mencapai Rp4,27 triliun turun dari triwulan sebelumnya Rp5,82 triliun.

Advertisement

Peneliti Ekonomi Bank Indonesia (BI) DIY, Fadhil Nugroho menilai, melihat tren pertumbuhan ekonomi DIY yang turun saat ini, prediksi hingga akhir tahun, angka pertumbuhan ekonomi tetap cenderung stagnan atau sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Prediksinya antara 5-6%, Jogja itu memang segitu pertumbuhanya kecil. Enggak akan bisa 7% atau 9%, tetap akan di bawah ekonomi nasional,” jelasnya.(ali)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ekonomi Jogja Pertumbuhan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif