News
Jumat, 6 September 2013 - 15:15 WIB

PERSIS SOLO VS PSS SLEMAN : Polresta Solo Akui Panpel & Pasoepati Paksa Gelar Pertandingan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Jajaran Polresta Solo tak lama berteka-teki tentang pihak yang memaksakan kehendak agar pertandingan Persis Solo melawan PSS Sleman tetap digelar di Solo. Pihak-pihak itulah yang mestinya bertanggung jawab atas kerusuhan yang terjadi menyusul laga Persis lawan PSS itu.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, polisi sebagaimana diungkapkan Kasatintelkam Polresta Solo, Kompol Muhammad Fahrudin, Kamis (5/9/2013), menegaskan pihaknya tidak memberikan izin maupun rekomendasi atas pertandingan Persis Solo kontra PSS Sleman di Stadion Manahan Solo tersebut.

Advertisement

Keputusan itu diambil setelah ada pertimbangan dari pihak Ditintelkam Polda Jateng dan Ditintelkam Polda DIY. Dalam koordinasi itu diputuskan, jika pertandingan itu digelar harus digelar di luar Jawa Tengah. Namun, Fahrudin menyebut ada pihak-pihak yang memaksakan kehendak ingin pertandingan itu tetap digelar di Solo.

“Jadi, kami menerjunkan personel pengamanan meski kami sendiri tidak memberikan rekomendasi. Atas terselenggaranya pertandingan kami memberi persyaratan, pertandingan tidak boleh ada penonton. Tapi kenyataannya syarat itu tidak dipenuhi,” papar Fahrudin melalui telepon.

Alhasil polisi dan instansi sampingnya akhirnya terpaksa menerjunkan personel pengamanan. Nyatanya, sesuai kekhawatiran, terbukti. Laga lanjutan Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) antara Persis Solo melawan PSS Sleman di Stadion Manahan, Rabu (4/9/2013), berbuntut rusuh.

Advertisement

Saat didesak siapa pihak yang memaksakan kehendak itu, Fahrudin menyebut panitia pelaksana (panpel) dan pengurus Pasoepati. Mereka berdalih Persis akan didiskualifikasi jika laga tidak digelar. “Pengalaman ini biar jadi pembelajaran.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif