News
Kamis, 16 September 2021 - 12:15 WIB

Perpustakaan UK Petra Terima Penghargaan dalam Gemilang Perpusnas 2021

Bc  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Perpustakaan UK Petra, Dian Wulandari. (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA — Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menjadi satu-satunya Perpustakaan Perguruan Tinggi di Surabaya yang menerima penghargaan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk kategori Kontributor Indonesia OneSearch (IOS).

Penghargaan ini disampaikan secara daring melalui acara Gemilang Perpusnas 2021 pada 14 September 2021.

Advertisement

“Puji Tuhan, kami sangat senang bisa menerima penghargaan ini, bahkan kami sama sekali tidak berpikir akan mendapatkan penghargaan ini,” ungkap Kepala Perpustakaan UK Petra, Dian Wulandari Rabu (15/9/2021) dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Penyerahan penghargaan ini dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan bertepatan dengan hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September dan Bulan Gemar Membaca.

Advertisement

Penyerahan penghargaan ini dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan bertepatan dengan hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September dan Bulan Gemar Membaca.

Baca Juga: Dukung PON XX Papua, PLN Gelontorkan Rp313 Miliar

Perpusnas pada tahun ini memberikan sejumlah penghargaan kategori perorangan, komunitas, institusi pendidikan, maupun lembaga pemerintah yang memperjuangkan literasi di tengah masyarakat.

Advertisement

“Meski kami meraih urutan ke-9, akan tetapi kami menjadi satu-satunya Perpustakaan Perguruan Tinggi yang meraih penghargaan di Surabaya. Kami ingin berbagi pengetahuan serta hasil riset sivitas UK Petra pada masyarakat. Dengan demikian peran scholarly communication atau komunikasi ilmiah yaitu sistem dimana hasil penelitian dan karya ilmiah lainnya, disebarluaskan ke komunitas ilmiah, disimpan dan dilestarikan untuk digunakan pada masa mendatang dapat dijalankan dengan baik oleh Perpustakaan UK Petra,” ujar Dian.

Baca Juga: Rencana Diproduksi pada 2022, Harga Vaksin Merah Putih Dipatok Rp71.000 Saja

Koleksi Digital

Berdasarkan data di website https://onesearch.id/UK Petra telah berbagi 186.144 judul koleksi untuk bisa diakses oleh masyarakat. UK Petra telah bergabung dengan IOS sejak 2015.

Advertisement

Indonesia OneSearch atau disingkat IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, hingga arsip di seluruh Indonesia.

Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas  untuk semua anggota yang terdaftar.

Baca Juga: Dinas ESDM Jateng dan PPSDM KEBTKE Beri Pelatihan PLTS Rooftop

Advertisement

Untuk bergabung dengan IOS, setiap repositori harus menyediakan API berbasis OAI-PMH (Open Archive Initiatives), sebuah protokol pengambilan metadata yang sudah digunakan oleh 75% lebih repositori di dunia.

“Ini artinya data koleksi UK Petra bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat umum di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia,” ujar Dian.

Menurut Dian, Perpustakaan UK Petra akan mengupdate data kontak dan meningkatkan kuantitas koleksi digital, termasuk jurnal terbitan UK Petra oleh LPPM.

“Dengan semakin banyaknya data ilmiah yang dapat diakses oleh masyarakat maka hal ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat sesuai dengan amanat dari Kepala Perpusnas RI yaitu Bapak Muhammad Syarif Bando,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif