News
Minggu, 7 Januari 2024 - 20:56 WIB

Pernyataan Soal Keamanan Siber Juga Sumbang Sentimen Negatif bagi Ganjar

Ika Yuniati  /  Newswire  /  Ika Yuniati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (kanan), Anies Baswedan (kanan). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Paparan visi misi Capres dalam debat kedua Capres 2024, Minggu (7/1/2024) malam, yang menyebut mengenai isu keamanan siber juga menyumbang sentimen negatif kepada Ganjar Pranowo.

Pada pemaparannya, Ganjar menyebut masalah terorisme, narkoba tindak pidana pencucian uang, dan kekerasan seksual, serta judi online yang dianggap perlu mendapatkan perhatian.

Advertisement

“Maka reformasi kepolisian harus betul-betul mengantisipasi ini dengan penguatan cyber system, termasuk pengembangan SDM siber yang kuat,” kata Ganjar.

Pernyataan tersebut rupanya mendapatkan sentimen negatif dari netizen. Ganjar dianggap turut menyerang Prabowo.

Isu keamanan siber juga disinggung oleh Capres nomor urut satu Anies Baswedan.

Advertisement

“Dalam beberapa tahun terakhir ini, lebih dari 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer, tapi karena serangan virus. HP kita, komputer kita, diserang oleh cyber attack, lebih dari 800 juta cyber attack” kata Anies.

Hal itu disampaikan Anies saat membeberkan visi dan misi dalam Debat Kedua Capres 2024. Statement tersebut bahkan dianggap sebagai salah satu upaya penyerangan kepada kubu Capres Prabowo Subianto.

Sementara, serangan balik Prabowo Subianto yang menyebut Anies asal bicara mendapatkan sentimen netral oleh Netizen.

Advertisement

Tak hanya mendapatkan sentimen negatif, pendapat Anies juga banyak mendapatkan respons positif. Salah satunya soal komitmen mengembalikan Indonesia sebagai aktor utama politik internasional jika berhasil menjadi Presiden.

Berdasarkan analisis tim Solopos.com menggunakan salah satu tools media monitoring, pada pukul 20.10 WIB, pernyataan tersebut mendapatkan sentimen negatif oleh netizen di medsos.

Berdasarkan data, sentimen negatif pada nama Anies disebut 99 kali, sentimen negatif sebanyak 1.074 kali, dan netral sebanyak 204 kali.  Sementara, sentimen negatif pada Muhaimin sebanyak 42 kali, positif sebanyak 637 kali, dan netral sebanyak 83 kali.

Selanjutnya, sentimen negatif pada Prabowo Subianto sebanyak 46 kali, positif sebanyak 604 kali, dan netral sebanyak 83 kali. Sentimen negatif pada Ganjar Pranowo sebanyak 28 kali, positif sebanyak 562, dan 68 sebutan dengan unsur netral.

Sementara, sentimen negatif pada Mahfud MD sebanyak 14, positif sebanyak 289, dan netral hanya satu.

Menjelang Debat

Sebelumnya, pada detik-detik menjelang debat kedua Calon Presiden (Capres) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/12/2024), pukul 18.55 WIB, nama ketiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sudah mulai ramai dibicarakan di media sosial (medsos).

Berdasarkan analisis tim Solopos.com menggunakan salah satu tools media monitoring, pada pukul 19.24 WIB, Minggu, tagar #ganjarpranowo dan #ganjarmahfud2024 cukup mendominasi di media sosial (medsos).

Tagar #ganjarpranowo disebut hingga 20.375 kali, sementara tagar #ganjarmahfud2024 sebanyak 20.375. Disusul tagar #prabowo dan #aniesbaswedan.

Tagar #prabowo dituliskan di medsos sebanyak 28.784, sedangkan tagar #aniesbaswedan disebut sebanyak 12.494 kali di medsos.

Sebelumnya pada pukul 19.05 WIB, ketiga nama Capres paling banyak disebut di platform TikTok.

Nama Prabowo Subianto paling banyak disebut sekitar 35.751 kali, disusul Mahfud MD sebanyak 29.110 kali, lalu Muhaimin 28.963 kali.

Nama Prabowo Subianto paling unggul di platform Tiktok, sementara nama Ganjar Pranowo unggul di Instagram dengan disebut sebanyak 19.430 kali. Menyusul nama Cawapresnya, Mahfud MD yang juga disebut sebanyak 19.430 kali di Instagram

Sementara, nama Anies Baswedan disebut di TikTok sebanyak 15.716 kali, di Facebook sebanyak 3.703 kali, dan di Twitter sebanyak 3.703 kali.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kedua Capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024), pukul 19.00 WIB.

Dalam debat tersebut, tiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan adu gagasan tentang Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Berikut jadwal agenda debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif