News
Selasa, 4 April 2023 - 10:54 WIB

Pengobatan Ida Dayak Viral Luruskan Tulang Bengkok, Mirip Ningsih Tinampi?

Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto kolase pengobatan viral Ida Dayak. (Istimewa/Tangkapan Layar TikTok Ida Dayak Official)

Solopos.com, DEPOK — Ida Andriani alias Ida Dayak menjadi viral di berbagai media sosial dan menarik perhatian masyarakat karena kemampuannya dalam meluruskan tulang bengkok tanpa melibatkan peralatan medis.

Fenomena ini seolah mengingatkan akan Ningsih Tinampi yang juga populer menjadi sosok penyembuh alternatif asal Pasuruan, Jawa Timur. Ida Dayak sendiri mampu menyembuhkan pasien yang sudah lama patah tulang, tulang bengkok ataupun keseleo dalam sekejap. 

Advertisement

Dalam akun TikTok-nya, @idadayakofficial, di salah satu video yang disematkan di profil berjudul Lumpuh Bertahun-Tahun Langsung Bisa Jalan yang diunggah Kamis (16/3/2023), tampak seseorang yang semula lumpuh langsung bisa jalan.

Ida Dayak hanya mengoleskan minyak, kemudian mengurut singkat pria berbaju hitam itu lantas menari dan mengucapkan jampi-jampi. Ida Dayak kemudian juga sedikit mengoles kepala pasiennya itu lalu mengambil kruk kakinya. 

Setelah beberapa saat diberi jampi-jampi, pria yang semula duduk itu kemudian diminta berjalan lagi. “Kalau sudah sembuh begini, langsung kawin lagi atau bekerja?” tanya Ida Dayak kepada pasien itu dan langsung dijawab sang pasien dengan, “Langsung kembali bekerja.” 

Advertisement

Di video lain, Ida Dayak menyembuhkan mata buram dan tidak jelas. Sama seperti metode sebelumnya, Ida mengoleskan minyak di bagian yang disebut pasiennya tengah sakit. “Mata kirinya burem akibat main gatget langsung terang dan jelas,” tulis keterangan video itu.

Mengenai Ida Dayak, menurut berbagai sumber, ia lahir Pasir Belengkong, Kabupaten Pase, Kalimantan Timur pada 3 Juli 1972. Saat melakukan pengobatan, Ida selalu mengenakan pakaian adat dan aksesoris khas suku Dayak.

Ida Dayak melakukan pengobatan sesuai dengan agama Islam. Ia memulai pengobatan dengan melafalkan kalimat basmallah. “Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim,” ucap Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

Advertisement

Ida Dayak melakukan penyembuhan dengan ritual menari dan mengurut pasiennya. Ia mengoleskan minyak yang diberi nama Ida Dayak Minyak Bintang. Minyak tersebut dikenal masyarakat suku Dayak.

Mengutip laman Kemdikbud, diakses Selasa (4/4/2023), minyak bintang merupakan salah satu dari ilmu magis yang berkembang dalam masyarakat Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. 

Tujuan orang mempelajari ilmu minyak bintang ini adalah untuk bisa bertahan dan menyerang musuh. Ilmu ini masa dulunya dipelajari karena masih seringnya terjadi peperangan antar suku.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif