News
Minggu, 19 April 2015 - 19:10 WIB

PENGHAPUSAN PREMIUM : Inilah Kisaran Harga Pertalite

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Penghapusan premium akan dilakukan pemerintah Indonesia. Premium akan digantikan oleh produk baru Pertamina yakni Pertalite.

Solopos.com, SOLO – PT Pertamina (Persero) akan melincurkan bensin jenis baru bernama Pertalite pada Mei 2015. Produk ini memiliki oktan lebih tinggi ketimbang Premium yakni, 90-91. Kisaran harga Pertalite adalah Rp8.000-Rp8.300 per liter.

Advertisement

“Harganya medium antara Rp8.000 per liter hingga Rp8.300 per liter. Sehingga jarak harga dengan Premium dan Pertamax tidak terlalu jauh,” ujar Vice President Fuel Marketing Pertamina, Muhammad Iskandar di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (19/4/2015), sebagaimana diberitakan Liputan6.com.

Harga Pertamax yang saat ini di level Rp 8.600 per liter namun di atas Premium yang saat ini ada di level Rp 6.800 per liter. Iskandar menjelaskan, sebenarnya rencana untuk mengeluarkan BBM dengan kadar oktan seperti ini sudah lama namun terus dipendam oleh perseroan.

“Sebetulnya ron 90 ini kami sudah mau launching sejak lama karena kami ingin punya produk yang sesuai requirement pasar,” lanjutnya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi mengatakan pihaknya telah mendapat informasi langsung dari Pertamina tentang bensin baru ini.

“Pertamina pusat sudah bicara ke kami, dan pada prinsipnya kami dukung penuh jenis bensin baru pengganti premium,” ungkap Eri Purnomohadi seperti dilansir laman Detik.com.

Jika logo Pertamax berwarna biru dan hijau, Eri menjelaskan Pertalite akan memiliki logo berwarna emas. Kendati demikian, warna logo itu masih ada kemungkinan berubah.

Advertisement

“Warna logonya gold alias emas, tapi saya enggak tahu apa nanti berubah lagi apa tidak, soalnya kan belum diluncurkan Pertamina,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif