News
Senin, 22 Oktober 2012 - 13:30 WIB

Pengalaman Bencana Indonesia Jadi Percontohan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

JOGJA—Pengalaman bencana di Indonesia patut di contoh negara lain. Mulai dari bencana gempa bumi dan tsunami Aceh, gempa bumi dan erupsi Meapi di Jogja sampai banjir mentawai adalah pengalaman Indonesia bahkan dunia dalam penanganan bencana.

Advertisement

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Stefan Koeberle mengatakan sejumlah bencana itu punya cara penanganan berbeda. Pendekatan kearifan lokal berbasis komunitas patut dicontoh negara lain yang ikut dalam Konferensi Tingket Kementerian Asia tentang Pengurangan Resiko Bencana ke – 5 di JEC Jogja.

“Dalam pertukaran pengalaman pengurangan resiko bencana ini Indonesia patut dicontoh. Terutama belajar mengenai pengurangan resiko bencana dengan pendekatan komunitas sangat efektif,” ujarnya di JEC, Senin (22/10/2012).

Ia menambahkan, penekanan tema pengurangan resiko bencana dalam konferensi ini mencerminkan pengakuan dari berbagai kalagan akan manfaat kompone tersebut. Di harapkan pada masa depan komponen mitigasi bencana menjadi praktek standar sehingga hasil pembangunan yang telah dicapai dapat lebih dilestarikan.

Advertisement

Konferensi ini diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan dukungan dari fasilitas Global untuk Pengurangan Resiko Bencana dan Rekonstruksi (GFDRR). GFDRR juga bekerjasama dengan AusAid dalam mengembangkan perangkat serta proses analisa risiko. Indonesia sebagai tuan rumah konferensi ini dipusatkan di Jogja yang berlangsung 22-25 Oktober 2012.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif