News
Selasa, 26 Maret 2024 - 17:25 WIB

Pendaftaran Taruna Akmil TNI Resmi Dibuka! Ini Alur, Syarat dan Tahapan Seleksi

Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PENDIDIKAN PERWIRA KARIER Sejumlah prajurit perwira melepaskan burung usai mengikuti upacara Prasetya Perwira Prajurit Karier tahun pelajaran 2013 di lapangan Sapta Marga komplek Akmil Magelang, Jateng, Jumat (19/7). Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier itu meluluskan sebanyak 126 perwira TNI.

Solopos.com, SOLO – Tentara Nasional Indonesia (TNI) membuka pendaftaran bagi calon taruna/taruni Akademi Militer (Akmil) 2024, berikut syarat dan alur pendaftaran, serta tahapan seleksi yang dilakukan.

Pendaftaran terbuka untuk putra-putri bangsa yang memiliki ijazah SMA/MA jurusan IPA/Kurikulum Merdeka. Pendaftaran dimulai 22 Maret-20 April 2024. “Segera daftarkan diri anda, negara dan bangsa menunggu darma baktimu,” tulis keterangan yang dilansir website Rekrutmen TNI di rekrutmen-tni.mil.id.

Advertisement

Peserta yang lolos seleksi akan menjalani pendidikan selama empat tahun atau setara Sarjana Terapan (D4) dan setelah menyelesaikan pendidikan akan menjadi perwira pertama TNI.

Berikut alur pendaftarannya:

  1. Calon mendaftar secara online melalui website https://rekrutmen-tni.mil.id
  2. Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukan cetakan formulir pendaftaran (validasi).
  3. Membawa dokumen asli: surat pendaftaran, akte kelahiran, KTP, KK, SKCK, ijazah SD sampai SMA/MA, hasil UN, transkrip nilai, ijazah atau sertifikat pendukung lainnya, pas photo 4X6 hitam putih dan berwama background merah sebanyak 20 lembar.
  4. Membawa semua blangko yang di download pada saat daftar online.
  5. Wajib membawa surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit serta melampirkan kartu BPJS.

Untuk persyaratan pendaftaran, sebagai berikut:

Advertisement

Setelah berhasil lolos seleksi administrasi, maka calon peserta akan memulai melakukan tahapan seleksi selanjutnya, yakni:

TNI mengingatkan selama proses penerimaan tidak dipungut biaya. Dalam keterangan tertulis itu juga disebut agar jangan percaya pada calo, sebab kelulusan calon taruna/taruni adalah murni hasil seleksi dan pemilihan sidang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif