News
Sabtu, 12 Januari 2013 - 23:07 WIB

Pencipta "Ferrari Listrik": Tucuxi Dilengkapi Rem Otomatis

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–-Mobil listrik mewah Tucuxi yang ringsek akibat kecelakaan saat sedang dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan diklaim memiliki sistem pengereman otomatis yakni regenerative braking system.

Advertisement

Danet Suryatama, pencipta Tucuxi, mengatakan bahwa pengereman mobil listrik tersebut menggunakan sistem pengereman yang dapat mengurangi laju kendaraan ketika pedal gas diangkat.

“Tidak benar bahwa pengereman Tucuxi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan rem atau tanpa menggunakan mesin,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima JIBI/Bisnis, Sabtu (12/1/2013).

Menurutnya, Tucuxi dilengkapi dengan motor controller yang mampu melakukan pengereman mesin atau motor listrik dan menghasilkan pengereman yang mengubah energi kinetik menjadi bentuk energi listrik.

Advertisement

Dia menjelaskan salah satu cara melakukan sistem pengereman tersebut yakni mengangkat kaki dari pedal gas untuk memperlambat kendaraan.

Dengan menggunakan sistem pengereman ini, lanjutnya, motor listrik akan memperlambat kecepatan putarnya dan berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang baterai.

Sebelumnya, Dahlan mengalami kecelakaan saat mengendarai Tucuxi akibat rem bolong dan kemudian menabrakkan mobil tersebut ke tebing di tepi jalan untuk menghindari jatuhnya korban masyarakat umum.Maftuh Ihsan/JIBI/Bisnis 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif