News
Minggu, 13 Januari 2013 - 08:40 WIB

Pencipta "Ferrari Listrik": Tucuxi Celaka Karena Pengendara Tidak Ahli

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Salah satu penyebab terjadinya rem blong yang membuat mobil mewah listrik Tucuxi mengalami kecelakaan ketika dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan yakni kurang terampilnya pengemudi mobil tersebut.

Advertisement

Danet Suryatama, pencipta Tucuxi, mengatakan setiap konsumen mobil listrik seyogianya menjalani pelatihan yang cukup untuk mengoperasikan kendaraan listrik di berbagai medan jalan.

“Meskipun Tucuxi sudah dilengkapi dengan high performance brake modules di depan dan belakang yang kompeten dari Wildwood Engineering Inc., USA, melakukan pengereman dengan hanya rem kaki, apalagi dengan menginjak rem secara keras dan terus-menerus, ketika menuruni pegunungan adalah tindakan fatal,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima JIBI/Bisnis, Sabtu (12/1/2013) malam.

Menurutnya, hasil yang sama yaitu terbakarnya rem yang mengakibatkan kehilangan daya cengkeram akan dialami oleh kendaraan lain apabila pengereman secara keras dan terus-menerus dilakukan.

Advertisement

Seharusnya, ungkap Danet, pengereman dengan mesin dilakukan dengan mengikutkan penggunaan rem kaki dan tangan secara proporsional.

Sebagaimana diketahui Tucuxi yang dikendarai Menteri BUMN, Dahlan Iskan, menabrak tebing, di Plaosan, Magetan Jatim pekan lalu. Sistem rem kendaraan itu tak berfungsi, shg menabrak tebing dan Kendaraan tersebut hancur,
Maftuh Ihsan/JIBI/Bisnis

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif