News
Senin, 15 Februari 2016 - 22:48 WIB

PENANGGULANGAN TERORISME : Tak Cuma "Kopi", Ini Alasan Kapolri Intruksikan Waspada Teroris "Bersianida"

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu pelaku penembakan saat aksi teror di Jalan MH Thamrin, kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016). Sejumlah teroris melakukan penyerangan terhadap beberapa gedung dan pos polisi di kawasan tersebut yang mengakibatkan sejumlah korban tewas dan luka-luka. (JIBI/Solopos/Antara/Xinhua/Veri Sanovri)

Penanggulangan terorisme kembali menjadi perhatian khusus Polri. Sampai-sampai Kapolri menginstruksikan waspada teroris bersianida.

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti menyatakan pihaknya mendapat informasi intelijen soal upaya kelompok teroris di Indonesia menyerang polisi dengan menggunakan racun sianida. Badrodin tak membantah hal ini karena terinspirasi pembunuhan Wayan Mirna Salihin menggunakan racun sianida.

Advertisement

“Dari informasi intelijen,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Menurut dia polisi merupakan sasaran utama para kelompok teroris. Selama ini mereka menggunakan berbagai macam cara antara lain bom, senjata api, dan penggunaan racun. Oleh karena itu, dia memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar mewaspadai itu.

“Semua itu bisa dilakukan. Semua yang bisa dilakukan menggunakan racun bukan yang pertama karena dulu pernah dilakukan di Polsek Kemayoran. Namun belum sampai terjadi,” katanya

Advertisement

Belum lama ini beredar telegram rahasia soal perintah Kapolri kepada seluruh kapolda mewaspadai rencana kelompok teroris mengirim atau memberi makanan terkontaminasi racun sianida dengan sasaran anggota Polri di lapangan maupun di markas.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tak membantah hal tersebut. Sebab menurutnya, ancaman teror racun sangat mungkin terjadi. “Bisa saja itu terjadi (karena terinspirasi kasus Jessica),” kata Badrodin di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (15/2/2016).

Baca juga: Polrestabes Surabaya Terima TR Imbauan Waspada Teror Sianida

Advertisement

Sebab menurut Badrodin, teror terhadap polisi dengan menggunakan racun sebelumnya pernah terjadi di Polsek Kemayoran. Beruntung tak ada polisi yang tewas dalam teror racun tersebut.

“Karena racun bukan pertama kalinya. Dulu Kemayoran pernah, tapi belum sampai terjadi,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif