News
Rabu, 27 Juli 2011 - 11:31 WIB

Pemprov Jateng tetap anggarkan lomba MTQ

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Kudus (Solopos.com)–Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), tetap berupaya menyediakan anggaran untuk mendukung Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar di provinsi itu.

Advertisement

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih usai membuka Lomba MTQ Pelajar XXVII Tingkat Jateng di Kabupaten Kudus, Selasa (26/7/2011)

“Jika perlu anggaran yang disediakan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Advertisement

“Jika perlu anggaran yang disediakan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, muncul wacana untuk meninjau kembali kegiatan lomba MTQ pelajar, termasuk upaya pemangkasan beberapa kegiatan dengan dalih biaya yang terbatas.

Bahkan, lanjut dia, muncul wacana yang ekstrim MTQ pelajar akan dihentikan karena tidak adanya ketersediaan anggaran.

Advertisement

Kepala Biro Bina Mental Setda Prov Jateng, Sunarto menuturkan hibah APBD Provinsi Jateng tahun 2011 melalui Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) untuk mendukung kegiatan MTQ dan seleksi tilawatil Quran (STQ) sebesar Rp 4 miliar.

Anggaran tersebut, jelas dia, termasuk untuk pengiriman beberapa kegiatan hingga lomba MTQ tingkat nasional.

Menurut dia, anggaran tersebut relatif masih kurang, sehingga perlu diupayakan untuk ditambah lagi.

Advertisement

“Untuk kegiatan MTQ di Kudus, sepenuhnya dibiayai oleh Pemkab Kudus,” ujarnya.

Bupati Kudus, Musthofa membenarkan anggaran yang disediakan untuk mendukung lomba MTQ pelajar tingkat Jateng di Kudus berasal dari APBD Kudus 2011.

“Kami akan berupaya memberikan layanan terbaik bagi seluruh kafilah,” ujarnya.

Advertisement

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, anggaran yang disiapkan untuk mendukung lomba MTQ Pelajar XXVII tingkat Jateng yang diselenggarakan di Kudus dimulai 26-29 Juli 2011 membutuhkan dana sebesar Rp 1,3 miliar.

Anggaran tersebut untuk membiaya penyediaan rumah tinggal (home stay) dan kebutuhan makan peserta lomba dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

Jumlah rumah tinggal yang disiapkan tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota sebanyak 12 “homestay”, Kecamatan Jati sebanyak 11 “homestay” dan Kecamatan Bae sebanyak 11 rumah tinggal.

Sedangkan tempat kegiatan lomba atau majelis terbagi menjadi enam tempat, yakni pertama di Masjid Agung Kudus di Alun-alun Kudus, selanjutnya secara berurutan di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Kudus di Jalan Diponegoro, Aula PG Rendeng Kudus di Jalan Jenderal Sudirman, Aula Gedung Korpri di Jalan Mayor Kusmanto dan Aula Dekopinda Kudus di Jalan Mejobo.

(Antara/nad)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif