News
Kamis, 14 Maret 2013 - 09:04 WIB

PAUS BARU: Paus Fransiskus I Hanya Miliki Satu Paru-Paru

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paus Fransiskus I (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Paus Fransiskus I (JIBI/SOLOPOS/Dok)

JAKARTA — Kardinal dari Argentina, Jorge Mario Bergoglio, terpilih menjadi paus baru kurang dari dua hari melalui konklaf yang diputuskan pada Rabu (13/3/2013) malam waktu setempat atau Kamis (14/3/2013) WIB dini hari.

Advertisement

Usia Paus yang menggunakan nama Fransiskus I, diambil dari Santo Fransiskus Asisi, ini adalah 76 tahun, lebih ‘muda’ dibandingkan pemimpin umat Katolik sebelumnya, Paus Benediktus XVI, yang merupakan Paus tertua yang terpilih di usia  78 tahun.

Akan tetapi, banyak media melaporkan Paus Fransiskus I ini hanya memiliki satu paru-paru. Di usia remaja, Paus Fransiskus I pernah mengalami sakit karena infeksi yang menyebabkan salah satu paru-parunya harus diangkat.

Dr. Sandhya Khurana, M.D., dari University of Rochester Medical Center, mengatakan kepada Huffington Post, secara umum, memiliki satu paru-paru tidak akan berpengaruh banyak pada kesehatan.

Advertisement

“Jika seseorang memiliki paru-paru yang baik, maka mungkin saja dia hidup hanya dengan satu paru-paru. Ada banyak pasien yang kehilangan satu paru-paru karena operasi, infeksi, atau kanker. Selama mereka bisa bernapas normal dan paru-parunya berfungsi dengan baik, mereka akan baik-baik saja,” ujarnya.

Lagipula, Paus Fransiskus I memiliki satu paru-paru sejak usia remaja dan bisa bertahan hingga kini di usia 76 tahun. Menurut Dr. Khurana, seharusnya hal ini tidak akan menjadi masalah sekarang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif