News
Kamis, 16 Oktober 2014 - 18:30 WIB

PELANTIKAN JOKOWI-JK : Pidato Kenegaraan Pertama Jokowi Maksimal 10 Menit

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Jokowi) (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden terpilih Joko Widodo akan memberikan pidato kenegaraan untuk pertama kalinya setelah pelantikan di gedung DPR/MPR maksimal selama 10 menit. Baca: Inilah Rundown Syukuran Salam 3 Jari.

Pidato akan disampaikan oleh Jokowi setelah pengambilan sumpah sebagai presiden. “Pidato kenegaraan pertama kalinya Pak Jokowi tidak lebih dari 10 menit, antara 7 menit sampai dengan 10 menit,” ujar Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto, di Jakarta dalam konferensi pers Syukuran Rakyat Salam 3 Jari di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Advertisement

Seusai pidato kenegaraan, acara pelantikan, dan pengambilan sumpah selesai, agenda Jokowi selanjutnya adalah resepsi kenegaraan pertama di MPR pukul 11.10 WIB hingga 12.10 WIB. Setelah itu, Jokowi bergabung dengan masyarakat untuk mengikuti kirab budaya rakyat di Bundaran Hotel Indonesia pukul 13.

Jokowi direncanakan sampai di Istana Negara pukul 14.00 WIB dan dilanjutkan dengan menghadiri upacara penyambutan Jokowi-JK oleh militer berlangsung kurang lebih 30 menit. “Setelah itu Jokowi-JK kembali bergabung dengan syukuran rakyat di Monas,” jelas Andi Widjajanto.

Sementara itu, gabungan sukarelawan dan simpatisan Jokowi-JK menggelar kegiatan bertajuk Syukuran Rakyat Salam 3 Jari menyambut pelantikan Jokowi-JK. Rangkaian syukuran berlangsung empat hari Jumat (17/10/2014) sampai puncaknya pada Senin (20/10/2014).

Advertisement

Ketua Panitia Nasional Syukuran Rakyat, Abdee Negara, mengatakan digelarnya acara ini sebagai ungkapan rasa syukur seluruh rakyat Indonesia atas terselenggaranya pileg dan pilpres 2014 secara demokratis serta langkah awal untuk bersama-sama bekerja sebagai satu bangsa.

Syukuran pelantikan Jokowi-JK akan diselenggarakan di 22 kota besar di Indonesia yang terpusat di Jakarta. Kota lain yang mengikuti acara sejenis meliputi Sabang, Banda Aceh, Medan, Palembang, Batam, Bandar Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Kendari, Ambon, Jayapura dan Merauke.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif