News
Jumat, 25 Agustus 2023 - 00:42 WIB

PDIP Resmi Pecat Budiman Sudjatmiko

Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Politisi dari PDI Perjuangan, Budiman Sudjarmiko, saat menberikan pidato di depan relawan Gerakan Prabowo-Budiman Bersatu atau Prabu di Marina Convention Centre, Kota Semarang, Jumat (18/8/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi memecat Budiman Sudjatmiko sebagai kader PDIP pada Kamis (24/8/2023).

Dari foto salinan yang diterima Bisnis, tampak surat pemecatan Budiman ditandatangani oleh Megawati dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Advertisement

“Memutuskan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sujatmiko, M.A. M.Phil. dari Keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” tulis putusan surat keputusan itu, dilansir Bisnis.com.

Budiman sendiri mengonfirmasi surat pemecatan itu. Aktivitas pro-demokrasi ’90-an ini menerima surat itu pada Kamis malam.

Advertisement

Budiman sendiri mengonfirmasi surat pemecatan itu. Aktivitas pro-demokrasi ’90-an ini menerima surat itu pada Kamis malam.

“Betul, betul, betul. Sudah terima tadi jam 8 malam,” ujar Budiman saat dikonfirmasi, Kamis (24/8/2023).

Dia mengaku terima dengan lapang dada keputusan PDIP itu. Budiman menganggap pemecatan itu sebagai akhir sebuah periode.

Advertisement

“Ya tentu sudah siap dengan tantangan-tantangan baru, dan saya mengalir saja bersama sejarah lah ya,” jelas Budiman.

Sebelumnya, PDIP mengultimatum Budiman Sudjatmiko setelah secara gamblang menyatakan dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Alhasil, sikap yang dinilai tidak etis dari partai berlogo moncong banteng putih itu tak dapat memberi toleransi lagi atas tindakan Budiman.

Advertisement

Sehingga hanya ada dua opsi yang dapat dipilih olehnya antara keluar partai secara sukarela atau dipecat.

Sebelum resmi dipecat, Budiman menyatakan dirinya tak berniat pindah partai politik, meski dirinya terancam dipecat usai mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto. 

Budiman mengaku setia dengan PDIP. Dia merasa masih punya punya kewajiban di partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

Advertisement

“Saya ini saya merasa bahwa saya PDI sejati. Saya sejak kelas 6 SD sudah ikut PDIP, sudah pelajari ajaran Bung Karno sejak saya SMP secara serius. Jadi secara ideologis ya PDIP adalah alat perjuangan saya,” ucap Budiman saat dihubungi, Senin (21/8/2023).

Oleh sebab itu, jika dirinya dipecat oleh PDIP maka tak akan mengubah perjuangan ideologi. Pemecatan itu, lanjutnya, hanya penghapusan status administratif.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PDIP Resmi Pecat Budiman Sudjatmiko Buntut Dukungan ke Prabowo”.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif