News
Selasa, 27 Juni 2023 - 15:22 WIB

Pastikan Semua Jemaah Berangkat Wukuf, PPIH Sisir Hotel-hotel

R. Bambang Aris Sasangka  /  Newswire  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Mekkah Senin (26/6/2023) malam menyisir hotel-hotel jamaah untuk memastikan seluruh peserta haji Indonesia yang tidak mengikuti safari wukuf sudah diberangkatkan ke Arafah. (Antara/MCH 2023)

Solopos.com, MAKKAH – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Mekkah Senin (26/6/2023) malam waktu setempat melakukan penyisiran hotel-hotel jemaah untuk memastikan seluruh peserta haji Indonesia yang tidak mengikuti safari wukuf sudah diberangkatkan ke Arafah. Penyisiran dilakukan secara berjenjang oleh petugas pelindungan jemaah dan petugas akomodasi pada 122 hotel tempat penginapan jemaah Indonesia di Mekkah.

Kepala Daker Mekkah Khalilurrahman ikut memimpin proses penyisiran dan ikut bergabung Sekretaris Daker Makkah Tawwabuddin, Kasi Pelindungan Jamaah Daker Mekkah Rijal Karni, dan Pelaksana Pelindungan Jamaah Daker Mekkah Khasan Syukur. “Alhamdulillah, kami bergerak sejak sekitar jam 02.00 WAS [Waktu Arab Saudi, terpaut empat jam dengan WIB], melakukan proses penyisiran hingga jam 06.00 WAS. Semua jemaah haji Indonesia yang tidak ikut safari wukuf sudah ke Arafah. Pemberangkatan bus terakhir pada sekitar jam 04.15 WAS dari sektor tujuh, hotel 707,” kata Khalilurrahman di Mekkah, Selasa (27/6/2023).

Advertisement

Menurut Khalilurrahman, saat ini masih ada sekitar 240 peserta haji lansia dan disabilitas yang akan mengikuti safari wukuf. Mereka adalah peserta lansia atau difabel yang memiliki keterbatasan dalam pergerakan, sehingga tidak bisa melakukan apa-apa atau memiliki keterbatasan kemampuan fisik berat. Mereka menempati lima hotel pada empat wilayah yaitu: Syisyah (2), Jarwal, Misfalah, dan Raudhah. “Jemaah safari wukuf lansia dan disabilitas ini mulai dipersiapkan naik bus pada sekitar pukul 10.00 WAS. Selanjutnya mereka diantar menuju Arafah untuk safari wukuf,” kata Khalilurrahman.

Selain peserta haji lansia dan disabilitas, lanjutnya, Daker Mekkah juga mensafariwukufkan lebih 200 peserta haji yang sakit dan dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah dan RS Arab Saudi. Mereka juga akan diberangkatkan ke Arafah pada sekitar pukul 11.00 WAS. “Semoga seluruh jemaah haji Indonesia sehat dan dapat menjalani puncak haji dengan baik,” harapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif