News
Senin, 4 Desember 2023 - 16:26 WIB

Pasca-Kasus Firli, KPK dan Polri Teken Kesepakatan Supervisi Penanganan Korupsi

Newswire  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menandatangani kesepakatan koordinasi dan supervisi penanganan tindak pidana korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menandatangani kesepakatan koordinasi dan supervisi penanganan tindak pidana korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

“Hari Senin, 4 Desember, kami dengan Pak Kapolri, melalui Kabareskrim dan Deputi Koordinasi Supervisi KPK menandatangani perjanjian kerja sama dalam kaitannya dengan koordinasi dan supervisi dalam penanganan tindak pidana korupsi,” kata Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango, dilansir Antara.

Advertisement

Nawawi menerangkan penandatanganan kerja sama tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 mengenai sinergi antar-aparat penegak hukum dalam kaitan dengan pemberantasan korupsi

Salah satu tugas pokok KPK antara lain berkoordinasi dengan instansi yang melaksanakan pemberantasan korupsi dan supervisi terhadap instansi yang melaksanakan pemberantasan korupsi.

“Terkait dengan koordinasi dan supervisi ini, dari segala temuan yang kita peroleh di lapangan ini kemudian coba kita kemas dalam satu perjanjian kerja sama,” kata Nawawi.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri penandatanganan kerja sama ini adalah bagian dari komitmen Polri untuk mendukung kerja KPK dalam memberantas korupsi.

“Ini menjadi komitmen kami Polri untuk terus mendukung terkait dengan langkah-langkah KPK dalam menegakkan hukum khususnya di bidang tindak pidana korupsi,” kata Listyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Listyo juga mengatakan kerja sama tersebut nanti akan menjadi bagian dari program Polri untuk membangun budaya antikorupsi di Tanah Air.

Advertisement

“Dan ini merupakan bagian dari program kami untuk terus menciptakan budaya antikorupsi,” tuturnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh jajaran pimpinan KPK yakni Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, serta Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Kemudian dari jajaran Polri hasir Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Dedi Prasetyo, dan Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif