News
Selasa, 19 Januari 2010 - 15:43 WIB

SBY tak mau dengar ada berita kelaparan dan gizi buruk

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiun–Kesempatan bertatap muka dengam ratusan bupati seluruh Indonesia dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Banyak hal yang dipesankan, termasuk jangan terganggu oleh suara-suara miring yang menghambat pembangunan.

“Jangan terganggu oleh komentar-komentar miring, kecaman-kecaman yang tak berdasar,” pesan SBY kepada sekitar 240 bupati se-Indonesia di pendopo Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (19/1).

Advertisement

SBY prihatin dengan tema-tema unjuk rasa yang dilakukan oleh sebagian rakyat yang menyudutkan pemerintahan. Banyak juga SMS serta surat-surat yang ditujukan kepadanya. “Tapi kok komentarnya aneh-aneh,” ujar SBY tanpa menyebut apa isi komentar dan surat-surat tersebut.

Dengan banyaknya kecaman itu, kata SBY, justru harusnya para bupati makin setia melayani rakyat dengan datang langsung kepada rakyat.

“Pemda harus menjemput bola, pelayanan bergerak,” pinta kakek Aira ini.

Advertisement

SBY juga tidak ingin lagi mendengar ada kabar di media tentang kelaparan, gizi buruk, padahal daerah yang bersangkutan sebenarnya adalah daerah lumbung padi.

“Ada cuma dua kecamatan yang mengalami gizi buruk menjadi perbincangan di talkshow,” katanya.

Setelah mendapatkan laporan dari gubernur setempat, menurut SBY, ada kesalahan pola hidup masyarakat setempat sehingga gizi buruk terjadi.

Advertisement

SBY menjelaskan, di dua kecamatan yang mengalami kekurangan gizi, masyarakatnya lebih suka menabung uang untuk kepentingan tertentu semisal naik haji ketimbang memberi gizi yang layak bagi keluarga.

“Akhirnya anak-anak mereka gizinya kurang,” ujarnya.

Dia pun meminta agar para bupati berperan aktif dalam menyukseskan pemerintahan, khususnya program 100 hari pemerintah.

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Kelaparan SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif