News
Jumat, 4 Oktober 2013 - 05:40 WIB

PAREKRAF 2013 : Digagas Paket Pertunjukan Short Time

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pelaku wisata dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggagas pertunjukan paket pertunjukan cepat atau short time bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Gagasan tersebut diwujudkan melalui Pekan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) 2013.

Acara tersebut dilaksanakan di Graha Soloraya pada Kamis-Minggu (3-6/10/2013). Ketua Pelaksana, Daryono, mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin mulai merintis pertunjukan singkat dan bisa dinikmati kapanpun ketika wisatawan berkunjung ke Solo.

Advertisement

“Kegiatan terutama budaya di Solo itu banyak tapi durasinya yang lama membuat wisatawan agak sulit menikmati pertunjukan atau acara tersebut. Kami berharap dengan kegiatan ini, pelaku wisata menyediakan paket pertunjukan short time tapi masih mempertahankan unsur klasik dan budaya” ungkap Daryono saat ditemui wartawan di sela pembukaan Pekan Parekraf 2013, Kamis (3/10/2013) malam.

Daryono mengatakan melalui kegiatan tersebut, pihaknya menghadirkan berbagai macam pertunjukan seni budaya dengan durasi waktu yang singkat sekitar 20 menit-30 menit. Menurut dia, banyak wisatawan yang ingin menikmati pertunjukan wayang orang. Tapi durasinya yang lama dan bersamaan dengan waktu makan malam membuat beberapa wisatawan memutuskan untuk batal melihat pertunjukan itu.

Oleh karena itu, pada acara tersebut, Daryono mengatakan pihaknya bekerja sama dengan SMKI Solo untuk memberikan pertunjukan singkat. Selain itu, akan ada pula kolaborasi gelar seni tradisi oleh enam kabupaten yang ada di bawah naungan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) II.

Advertisement

Lebih jauh, Daryono menjelaskan acara tersebut diikuti sekitar 50 stan yang terdiri dari dinas, maskapai penerbangan, perbankan, dan pelaku wisata. Pelaku wisata ini menurut Daryono tidak hanya agen wisata dan hotel tapi juga pendukung lainnya seperti kuliner dan oleh-oleh.

Kegiatan tersebut baru kali pertama diadakan di Solo, dan pihaknya sangat berharap pada tahun mendatang kegiatan serupa tetap akan digelar. Pekan Parekraf 2013 tersebut dibuka dengan pertunjukan sendratari Ramayan aoleh siswa SMKI Solo.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif