News
Kamis, 4 Februari 2010 - 13:28 WIB

Pansus usut penarikan dana Rp 395 M Boedi Sampoerna

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta-
-Boedi Sampoerna bisa menarik dana hingga Rp 395 miliar usai Bank Century di-bailout. Hal ini pun menjadi pertanyaan bagi sejumlah anggota Pansus Hak Angket Century. Penyelidikan akan dilakukan.

“Kalau tidak ada bailout, dia tidak akan bisa menarik sebesar itu,” kata anggota Pansus Andi Rahmat, Kamis (4/2).

Advertisement

Sebenarnya dari segi nasabah, tidak ada persoalan dengan penarikan tersebut sebab hubungannya nasabah dan bank. “Tapi kalau tidak di-bailout dia hanya dapat Rp 2 miliar,” terangnya.

Karena adanya fakta itu, Andi menduga, bisa saja ada indikasi pada November 2008, ada upaya dari deposan besar untuk mengamankan uangnya. “Mereka melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan depositonya,” tambah Andi.

Apalagi, lanjut Andi, ada suatu modus yang ditengarai BPK dan anggota Pansus, bahwa memang ada deposan besar yang mencari cara agar depositonya terselamatkan.

Advertisement

“Ini menjadi modus yang akan kita selidiki. Kita tidak bisa mengatakan penarikan tidak sah karena dia deposan, tapi tentunya dia dan sejumlah Direktur BUMN akan kita minta keterangan, dan sudah dijadwalkan” tambahnya.

Sebelumnya, usai diperiksa KPK, pengacara Boedi Sampoerna, Eman Achmad, menjelaskan penarikan pertama yang berhasil dilakukan Boedi adalah sebesar Rp 51 miliar. Saat beralih jadi Bank Mutiara, Boedi kembali berhasil menarik uangnya sejumlah Rp 300 miliar.

“Jadi, deposito yang berhasil ditarik mencapai Rp 395 miliar,” jelas Eman.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif