News
Sabtu, 9 April 2011 - 11:08 WIB

Panglima TNI: Pelanggaran kedaulatan makin mengancam

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menegaskan, pelanggaran kedaulatan wilayah Indonesia oleh pihak asing semakin mengancam sehingga harus menjadi perhatian dan prioritas utama, seiring dengan kemajuan industri dirgantara militer.

“Tantangan yang dihadapi TNI ke depan semakin kompleks, sejalan dengan dinamika yang berkembang,” kata Agus pada peringatan HUT ke-65 TNI Angkatan Udara di Jakarta, Sabtu (9/4/2011).

Advertisement

Agus mengemukakan, dua dinamika yang mengancam itu yakni kemajuan industri kedirgantaraan khususnya militer dan luasnya wahana dirgantara yang makin strategis.

Agus menuturkan, perkembangan dan dinamika keduanya  memberi dampak multidimensional terhadap pertahanan negara.

Advertisement

Agus menuturkan, perkembangan dan dinamika keduanya  memberi dampak multidimensional terhadap pertahanan negara.

“Karena itu, betapa vital dan strategisnya peran TNI Angkatan Udara dilihat dari posisi geografis, global, dan regional,” ujarnya.

Untuk itu, TNI bertekad menegakkan hukum sesuai hukum nasional dan internasional dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

Advertisement

Namun, semua itu harus tetap dilakukan tanpa mengabaikan keselamatan prajurit.

“Mantapkan keamanan guna mewujudkan ‘zero accident’ dan terwujudnya loyalitas yang lurus dan cerdas serta operasi penerbangan harus aman dan sukses,” imbuh Agus.

Seperti pada perayaan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT ke-65 TNI-AU juga dimeriahkan parade, defile, demo darat serta demo udara.

Advertisement

Sebanyak 52 unit pesawat berbagai jenis memeriahkan perayaan HUT ke-65 TNI Angkatan Udara yang jatuh pada 9 April.

Tema peringatan HUT ke-65 TNI Angkatan Udara “Dengan Profesionalisme dan Motivasi Yang Tinggi serta Dedikasi Satuan, Kita Wujudkan Angkatan Udara Yang Lebih Baik, Guna Menjaga Kedaulatan Negara di Udara dan Keutuhan NKRI”.

Hadir dalam acara itu, para pejabat TNI dan TNI Angkatan Udara, perwakilan negara sahabat dan para purnawirawan TNI Angkatan Udara.

Advertisement

(Antara/nad)

Advertisement
Kata Kunci : Kedaulatan Panglima
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif