News
Senin, 7 Agustus 2023 - 14:03 WIB

PAN Pastikan Tidak Akan Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anies Baswedan menyapa masyarakat di acara Pelantikan DPRT Nasdem se-Pulau Lombok dan Silaturahmi Kebangsaan di Lapangan Masbagik, Lombok Timur,, belum lama ini. (Twitter/@aniesbaswedan)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan tidak akan mendukung capres Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan bahwa partainya hanya akan berkoalisi dengan parpol pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Advertisement

“Kan dari awal saya mengatakan bahwa PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah,” ujar Viva di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023), dilansir Bisnis.com.

Anies sudah diusung tiga partai politik untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Dua di antaranya merupakan partai oposisi pemerintahan yaitu Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Oleh sebab itu, Viva menyatakan PAN punya dua opsi koalisi yaitu bergabung dengan Gerindra untuk usung pencapresan Prabowo Subianto atau dengan PDIP untuk dukung pencapresan Ganjar Pranowo. 

Advertisement

“[PAN] tidak menutup kemungkinan bergabung dengan kaolisi partai Gerindra atau dengan PDIP,” jelasnya. Viva pun meminta masyarakat bersabar untuk menunggu arah politik PAN. 

Bagaimanapun, lanjutnya, masih ada dua bulan lebih sebelumnya masuk pendaftaran calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres).

Dia menyatakan PAN masih dalam proses pendekatan dengan Gerindra maupun PDIP dan saling membahas beberapa hal yang berkaitan dengan hal manajemen koalisi. 

Advertisement

“Jadi masih relatif masih longgar, masih cair, dan tentunya juga akan segera diputuskan nanti,” tutup Viva.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PAN Pastikan Tidak Akan Dukung Anies di Pilpres 2024”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif