News
Selasa, 9 Desember 2014 - 08:45 WIB

PAMERAN KOMPUTER JOGJA : PC, Masihkah Ada Peminatnya?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pameran Apkom-Yes di JEC, Sabtu (6/12/2104). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA – Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (Apkomindo DIY) mencatat ada peningkatan penjualan pasar PC akhir tahun ini. Terlebih lewat Apkomindo Year End Sale (Apkom-Yes) bertajuk Cuci Gudang di Jogja Expo Centre peningkatan makin terlihat.

Ketua Apkomindo DIY Budi Setiawan mengatakan penjualan PC terus meningkat. Bahkan bisa bersaing meskipun gempuran notebook, tablet hingga smartphone di Indonesia.

Advertisement

“Memang diakui gempuran itu terasa, namun penjualan kami tidak menurun melainkan stagnan sejak 2006 silam. Tahun ini geliat penjualan PC kembali terlihat. Lewat pameran terakhir kami terlihat bagaimana penjualan ada peningkatan yang cukup signifikan,” kata Budi di JEC, Senin (8/12/2014).

Budi menambahkan seharusnya akhir tahun ini ada peningkatan harga PC, namun hal ini tidak terjadi karena melemahnya rupiah. Namun kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Pihaknya menuturkan pada awal tahun depan akan terjadi kenaikan harga PC.

“Kalau tahun ini kami berusaha sebaik mungkin untuk tidak menaikkan harga. Bahkan dalam pameran ini kami gelar cuci gudang dengan harga yang murah. Namun kondisi ini tidak akan bertahan lama, tahun depan harga jelas harus naik,” kata Budi.

Advertisement

Budi mengaku pada tahun depan ada kemungkinan susahnya menjual produk PC ke pasaran. Hal ini karena akan ada penyesuaian harga di pasaran Indonesia. “Tiga bulan pertama 2015 dipastikan harga naik, berapa kami belum tau,” tutur Budi.

Budi menuturkan selain penjualan dalam pameran ini juga diadakan lomba Amateur Overclocking Turnament (Aoct). Pameran ini memang diharapkan menggaet kerinduan teknisi komputer untuk saling bersaing.

Dalam pameran Apkom-Yes terlihat pasar peripheral juga makin menjanjikan. Pameran kali ini hampir semua stan penjualan peripheral dipenuhi pengunjung.

Advertisement

“Peripheral memang selalu ramai saat ada pameran. Namun pameran kali ini sedikit berbeda. Stan peripheral juga mengadakan cuci gudang yang membuat banyaknya orang tertarik untuk membeli di sana,” kata Budi.

Salah satu pembeli, Aninda mengatakan pameran kali ini memang cukup menarik. Tidak hanya bicara harganya yang saling diskon besar-besaran namun kelengkapannya juga menjanjikan. Dia mengaku tidak kerepotan untuk memilih-milih barang karena memang semuanya tersedia.

“Mau beli PC hingga smartphone tersedia semua di sini. Awalnya ke sini ingin tau aja karena acara cuci gudang, tidak tahunya saat di dalam barangnya juga lengkap. Sudah dapat harga murah barangnya lengkap tidak perlu beli di luar lagi,” kata Aninda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif