News
Jumat, 13 Desember 2013 - 12:59 WIB

OSPEK ITN MALANG : Foto Adegan Tindak Asusila Diduga Hoax

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bentrok (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, MALANGKasus Ospek ITN Malang kini ditangani pihak kepolisian. Selain kematian Fikri Dolasmantya Surya yang diduga meninggal akibat kekerasan dalam Ospek ITN Malang, juga beredarnya foto-foto yang dikaitkan dengan Ospek ITN Malang.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, di media jejaring sosial ada tiga foto yang beredar yang kemudian dikaitkan dengan Ospek ITN Malang.

Advertisement

Satu foto menggambarkan kegiatan merangkak, di mana salah satu orang dalam foto (terlihat dari belakang) merangkak diduga Fikri. Satu foto lainnya menggambar aksi kekerasan pada malam hari, wajah-wajah dalam foto tersebut ditututupi gambar musang.

Sementara satu foto lainnya terlihat aktivitas di tempat lapang, ada belasan orang. Dalam foto itu terdapat seperti “pemaksaan” adegan hubungan suami-istri. Orang-orang dalam foto itu memeragakan hubungan suami-istri. Paling jelas terlihat adegan seorang wanita yang tengkurap kemudian dipaksa oleh dua orang pria.

Foto ketiga inilah yang juga menyebar luas di situs jejaring sosial Facebook dengan dikaitkan Ospek ITN Malang.

Advertisement

Penelusuran Foto

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, di beberapa situs media online, foto ketiga atau foto adegan hubungan suami-istri itu diduga hoax.

Situs Merdeka.com menuliskan setelah dilacak di dua situs Internet serta Google, ternyata data exif yang muncul cukup mengherankan. Masa orientasi dan kematian Fikri terjadi sekitar pertengahan Oktober 2013 lalu, namun menurut data exif yang didapat dari Metapicz.com dan Exifdata.com menunjukkan bahwa gambar atau foto diambil pada tanggal 25 Januari 2012 (2012:01:25 03:41:57).

Advertisement

Walaupun belum dapat dikatakan bahwa foto tersebut benar atau tidak, namun dari waktu pengambilan gambar di atas dapat sedikit disimpulkan kemungkinan foto tersebut bukanlah foto ketika masa ospek mahasiswa baru ITN Malang jurusan Planologi.

Sementara itu situs Lensaindonesia.com, menuliskan foto adegan pemaksaan hubungan suami-istri yang dilakukan beberapa pria terhadap beberapa wanita itu, berdasarkan data yang diekstrak dari ICC Profile foto itu oleh Ajie Nugroho dari Grup Kampret terungkap, foto ini di ambil/diunggah pada tahun 2012 : 01:25 03:41: 57.

Lebih tepatnya 1 tahun, 10 bulan dan 14 hari yang lalu. Sementara Ospek atau Kemah Bakti Desa Jurusan Planologi ITN Malang dilangsungkan pada pertengahan Oktober 2013 lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif