News
Senin, 11 Januari 2016 - 14:30 WIB

ORANG HILANG : Dokter Rica Ditemukan Bersama 3 Orang Boyolali, Sore Ini Tiba di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Orang hilang di Jogja, yaitu Dokter Rica dan anaknya, akhirnya ditemukan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Solopos.com, SOLO — Dokter asal Lampung, Rica Tri Handayani, yang hilang bersama anak balitanya bernama Zafran Ali Wicaksono, sejak 30 Desember 2015 lalu di Jogja, telah ditemukan di Pangkalan Bun, Kota Waringinbarat, Kalimantan Tengah, Senin (11/1/2016). Di sana, Rica tidak sendirian karena ada tiga warga asal Boyolali bersamanya saat ditemukan.

Advertisement

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti, mengonfirmasi penemuan Dokter Rica dan anaknya bersama ketiga warga Boyolali tersebut. “Ya, jadi kami dari tim Polda DIY, atas kajian dari Reserse Umum, kami menemukan Dokter Rica Tri Handayani dan anaknya bernama Zafran Ali Wicaksono di Pangkalan Bun. Nanti akan dibawa ke Jogja,” katanya saat dihubungi Solopos.com dari Solo, Senin siang.

Namun, Anny mengatakan belum jelas hubungan ketiga warga Boyolali itu dengan Dokter Rica. Polisi juga belum mengumumkan identitas ketiganya serta apa yang mereka lakukan hingga bersama Rica di Pangkalan Bun. “Belum tahu ya, ini kan masih lidik oleh Reskrim,” ujarnya.

Tim Polda DIY berangkat ke Kalimantan Barat pada 31 Desember 2015 untuk mencari keberadaan Dokter Rica yang dinyatakan hilang sejak 30 Desember 2015 lalu. Artinya, butuh waktu 11 hari bagi polisi untuk menemukan Rica dan anaknya. Dalam penjemputan di Pangkalan Bun tersebut, suami Rica, Aditya Akbar Wicaksono, ikut bersama polisi. “Suaminya ikut menjemput,” ungkap Anny.

Advertisement

Saat ini, tim Polda DIY sedang bersiap membawa Rica dan anaknya bersama ketiga warga Boyolali tersebut menuju Jogja. Rencananya, mereka akan tiba di Mapolda DIY pada pukul 16.00 WIB dan polisi akan menggelar jumpa pers tentang kasus tersebut.

Baca juga: Terpukul Secara Psikis, Dokter Rica Masih Diam di Mapolda DIY
Baca juga: Formulir Eksodus Berserakan dalam Kantor Gafatar di Kalasan Sleman

Kabar mengenai penemuan Dokter Rica ini beredar di sejumlah media sosial (medsos) sejak Senin pagi. Di media sosial, beredar lima fakta mengenai hilangnya Dokter Rica beserta putranya.

Advertisement

Pertama, dokter Rica bersama anak balitanya bernama Zafran saat ini berada di kab Mempawah Kalimantan Barat bergabung dengan suatu organisasi masyarakat (ormas). Dokter Rica dilaporkan hijrah dari Pulau jawa dan melakukan perjuangan di wilayah Pulau Kalimantan

Kedua, untuk menghindari pencarian oleh pihak keamanan, kemungkinan yang bersangkutan akan dipindahkan dari Kabupaten Mewapah ke wilayah lain di Pulau kalimantan. Ketiga, Dokter Rica selama ini merupakan pengikut Gafatar Lampung tanpa sepengatahuan suaminya

Keempat, di Kalimantan Gafatar telah berganti nama yaitu Negara Karunia Tuhan, Semesta Alam (NKSA). Kelima, selama proses penjemputan semua berlangsung aman. Dokter Rica saat ini berada di Polres Kobar untuk di mintai keterangan lebih lanjut.

Adapun proses penjemputan telah dilakukan di Bandar Udara, Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah pada Senin (11/1/2016) pukul 06.30 WIB. Dokter Rica dan anak berangkat menuju semarang menggunakan pesawat Kalstar Aviation.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif