News
Jumat, 1 April 2011 - 20:41 WIB

Oposisi Libya siap lakukan gencatan senjata

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Benghazi (Solopos.com)– Kubu oposisi Libya siap untuk melakukan gencatan senjata dengan kubu pro Khadafi. Pertempuran berdarah pun siap dihentikan demi kemanusiaan.

“Kami setuju untuk melakukan gencatan senjata dalam kondisi saudara-saudara kami di kota wilayah barat sudah memiliki kebebasan untuk berekspresi dan siap menarik kekuatan yang mengepung kota,” kata  pemimpin nasional oposisi, Mustafa Abdul Jalil.

Advertisement

Jalil menyampaikan hal tersebut pada wartawan setelah menggelar pertemuan dengan utusan khusus PBB di Libya, Abdul Ilah Khatib. Demikian diberitakan AFP, Jumat (1/4/2011).

Sementara itu, Khatib mengatakan kemungkinan untuk melakukan gencatan senjata antara pemberontak dan pasukan militer Khadafi masih ada saat pertemuan berlangsung.

“Tujuan utama kami adalah untuk mencapai gencatan senjata yang mampu bertahan lama,” ucapnya dalam tayangan televisi Al-Jazeera.

Advertisement

Kekuatan Barat lebih memilih untuk mencari solusi politik dibandingkan militer untuk mengakhiri konflik di Libya. Konflik meletus ketika protes massa pro-demokrasi pertama kali diluncurkan di Benghazi, sekitar 1000 kilometer (600 mil) timur Tripoli, pada tanggal 15 Februari.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengatakan di Beijing, situasi di Libya tidak bisa diselesaikan melalui aksi militer dan menyerukan gencatan senjata.

detik.com

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisruh Libya Perang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif