News
Selasa, 15 Januari 2013 - 18:16 WIB

OCEHAN DAMING SUNUSI: Tertawa, Komisi III DPR Tak Merasa Bersalah

Redaksi Solopos.com  /  Rochimawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA— Tawa anggota Komisi III DPR yang meledak saat calon hakim agung M Daming Sunusi melontarkan candaan soal pemerkosaan dinilai melukai hati masyarakat.

Namun, setelah memberikan penjelasan soal tawa tersebut, Komisi III tak merasa bersalah.

Advertisement

Ngapain (minta maaf), kan tadi penjelasannya sudah jelas,” kata Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Pasek mengatakan hal yang ditertawakan anggota Komisi III DPR bukanlah materi candaan yang dilontarkan Daming. Namun karena Daming terjebak pertanyaan anggota Komisi III. Daming sudah minta maaf dan menyatakan penyesalan.

“Sudah dijelaskan yang diketawain itu kan penjelasan dia yang terjebak pertanyaan, karena sebelumnya ada pertanyaan untuk menjelaskan kemampuan dia,” ujarnya.

Advertisement

Pasek sendiri mengaku tidak ikut tertawa. “Saya nggak ketawa,” tutur politikus Partai Demokrat itu.

Seperti diketahui, pertanyaan mengenai kejahatan pemerkosaan diajukan oleh anggota Komisi III dari Fraksi PAN Andi Azhar kepada Daming Sunusi.

Andi meminta pendapat Daming mengenai hukuman mati bagi pemerkosa. Pertanyaan terlontar dalam fit and proper test calon hakim agung di DPR, Senin (14/1/2013).

Advertisement

“Yang diperkosa dengan yang memperkosa ini sama-sama menikmati. Jadi harus pikir-pikir terhadap hukuman mati,” kata Daming.

Mendengar jawaban itulah beberapa anggota Komisi III DPR yang ikut dalam fit dan proper tes itu tertawa. Soal tawa ini, Wakil Ketua Komisi III dari FPKS, Al Muzammil Yusuf, sudah memberi penjelasan. Tawa anggota DPR bukan karena menganggap pernyataan Daming lucu.

“Kami tidak menanggapi itu sebagai bercanda. Setelah fit dan proper test itupun saya bicara dengan staf, ini luar biasa sebagai bentuk pelecehan,” kata Muzammil di Gedung DPR.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif