News
Jumat, 6 Desember 2013 - 23:32 WIB

NELSON MANDELA TUTUP USIA : Ini Video Pembebasan Nelson Mandela

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nelson Mandela (Static.foxsport.com)

Solopos.com, JOHANESBURG – Nelson Mandela telah tutup usia, Kamis (5/12/2013) waktu Amerika. Dia memiliki riwayat panjang dalam menyuarakan antidiskriminasi.

Dia dibebaskan dari penjara pada 11 Februari 1990 setelah pemerintah Afrika Selatan mendapat desakan dari seluruh dunia. Hari itu menjadi hari yang sangat monumental bagi demokrasi dan anti-diskriminasi.

Advertisement

Washingtonpost, Jumat (6/12/2013), menulis Nelson Mandela adalah presiden kulih hitam pertama di Afrika Selatan. Dia menjabat dari tahun 1994 hingga 1999. Sebelumnya Mandela sempat dipenjara selama 27 tahun atas tuduhan konspirasi.

Mandela menolak pembebasan bersyarat dengan menghentikan perjuangan bersenjata pada Februari 1985. Mandela tinggal di penjara sampai dibebaskan pada 11 Februari 1990 atas perintah Presiden Frederik Willem de Klerk setelah mendapat tekanan dari seluruh dunia.

Jerry Dammers bersama band Inggris, AKA menciptakan lagu Free Nelson Mandela untuk kampanye kebebasan Nelson Mandela.
Mandela berjalan dari penjara dengan istrinya saat itu, Winnie, melambaikan tangan dan tersenyum. Dia kemudian berbicara kepada kerumunan sekitar 50 ribu orang, yang telah menunggu berjam-jam untuk melihatnya.

Advertisement

Pidato ini menjadi pidato yang sangat bersejarah. Masyarakat yang datang menyaksikan langsung terlihat antusias dengan tokoh berjuluk “Pendekar Perdamaian” ini.

Pidato ini direkam beberapa stasiun televisi dan diunggah di situs berbagi video, Youtube. Berikut video pidato Nelson Mandela yang diunggah akun recenblackhistory pada 6 April 2013.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif