News
Kamis, 8 Januari 2015 - 20:10 WIB

MUSIBAH AIRAASIA : Airasia Harus Bayar Asuransi Rp1,25 Miliar ke Keluarga Korban

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Airbus 320-200 milik maskapai penerbangan Airasia (Youtube)

Musibah Airasia yang terjadi akhir tahun 2014 lalu menewaskan 155 penumpang. Menteri perhubungan mengharuskan pihak maskapai membayar uang asuransi kepada keluarga korban senilai Rp1,25 miliar.

Solopos.com, JAKARTA – Selaku Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengatakan dana asuransi sebesar Rp1,25 miliar harus dibayarkan Airasia kepada keluarga korban yang meninggal akibat musibah kecelakaan pesawat Airasia QZ 8501 sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan no 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

Advertisement

“Saya katakan ada aturan Permenhub 77/2011, besarannya Rp1,25 miliar. Ada asuransi atau tidak maskapainya itu tidak ada hubungannya. Harus diganti Rp1,25 miliar per penumpang,” ujar Ignasius Jonan terkait musibah Airasia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Dilansir Antara, Kamis (8/1/2015), Peraturan Menteri Perhubungan no 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara, pada Pasal 3 huruf a menyatakan penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat musibah pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti kerugian sebesar Rp1,25 miliar.

Menurut Menhub, Airaia wajib membayarkan Rp1,25 miliar kepada korban kecelakaan pesawat Airasia QZ 8501 tersebut. Ia menambahkan, dirinya telah melaporkan hal itu kepada Presiden Joko Widodo yang juga memiliki perhatian terhadap isu tersebut.

Advertisement

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya mengatakan, pihaknya akan memberikan santunan sebesar 48 kali gaji sesuai ketentuan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi korban musibah Airasia yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif