News
Jumat, 8 Februari 2013 - 01:30 WIB

MONOREL JAKARTA: Wamenhub Minta 4K

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi MRT (Dok/JIBI)

Ilustrasi MRT (Dok/JIBI)

JAKARTA— Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono menjelaskan pihak konsorsium perlu memperhatikan integrasi dan keterjangkauan masyarakat dalam pembangunan monorel.

Advertisement

“BUMN konsorsium perlu memperhatikan 4K yaitu keterpaduan, keterjangkauan, kecepatan konstruksi dan kesinambungan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Bambang menjelaskan konsorsium pembangunan monorel harus memperhatikan resiko finansial pembangunan monorel.

Dia mengungkapkan pembangunan monorel harus terintegarsi dengan moda transportasi lain dan sesuai dengan masterplan pembangunan moda transportasi.

Advertisement

Menurutnya, jika harga tiket monorel terjangkau maka akan mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi massal.

Dia menambahkan pihak konsorsium juga perlu memperhatikan rencana tata ruang dan tata wilayah pembangunan monorel sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Deputi Bappenas bidang sarana dan prasarana Edi Priyatna menjelaskan pihak BUMN konsorsium perlu memperbesar konsorisium BUMN monorel karena pembiayaan monorel tidak menggunakan skema kerja sama pemerintah swasta.

Advertisement

Dia juga meminta waktu pembangunan yang diusulkan oleh konsorsium selama tiga tahun harus dipersingkat menjadi satu tahun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif