News
Rabu, 23 Maret 2022 - 15:47 WIB

Mitos Rabu Pon, Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet 2022 Hari Ini?

Newswire  /  Haryono Wahyudiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 UNS, Jumat (11/3/2022). (Youtube UNS)

Solopos.com, SOLO—Banyak orang berspekulasi akan terjadi reshuffle kabinet 2022 pada hari ini, Rabu Pon, 23 Desember. Hal ini disebabkan kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Rabu Pon untuk mengumumkan calon menteri barunya.

Jika menilik ke belakang, sebenarnya ini bukan kali pertama eks Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu mengambil keputusan penting pada hari pasaran Jawa tersebut.  Beberapa kali Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Pon, pernah juga pada Rabu Pahing.

Advertisement

Rabu Pon dalam penanggalan Jawa adalah hari yang bagus serta lebih tenang. “Rabu Pon bagus, lebih adem ayem. Namun itu mutlak kewenangan Presiden kapan hari yang tepat dan pengganti yang tepat pula,” kata politikus PKB Jazalul Fawaid beberapa waktu lalu, dikutip dari Bisnis.

Baca Juga: Mega Ungkap Kriteria Menteri, Sinyal Jokowi Reshuffle Kabinet?

Adapun, isu reshuffle kabinet kembali mencuat setiap menjelang Rabu Pon yang kebetulan jatuh hari ini, 23 Maret 2022. Jokowi selalu melakukan keputusan perombakan kabinet pada Rabu Pon.

Advertisement

Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan Menkominfo Johnny Plate yang menyebutkan akan ada agenda rapat terbatas (ratas) para menteri yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Meskipun demikian, dia tidak mengetahui apakah ada pembahasan soal reshuffle kabinet dalam pertemuan tersebut.

Reshuffle itu domainnya Presiden, jangan tanya sama saya,” kata Johnny kepada awak media di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Masihkah Moeldoko menjadi Teman Jokowi?

Advertisement

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan tidak ada agenda reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi pada Rabu Pon ini. “Tidak ada [agenda reshuffle besok],” kata Heru kepada Bisnis, Selasa (22/3/2022).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jokowi, Isu Reshuffle, dan Mitos Rabu Pon

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif