News
Minggu, 6 April 2014 - 17:20 WIB

MISTERI MH370 : Terbang di Sekitar Indonesia, MH370 Sengaja Menghindari Radar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Teka-teki penyebab hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 sejak Sabtu (8/3/2014) lalu mulai menunjukkan titik terang. Setidaknya, ada petunjuk yang memperlihatkan ada yang mencoba menerbangkan pesawat ini jauh dari rute aslinya ke Samudera Hindia dengan sengaja.

Hal itu terungkap dari ucapan seorang sumber yang merupakan pejabat senior di pemerintahan Malaysia. Seperti ditulis Jethro Mullen dan Ralph Ellis, reporter CNN, Minggu (6/4/2014) pagi, pejabat tersebut mengatakan pesawat MH370 terbang di sekitar wilayah udara Indonesia dalam perjalanan menuju Samudera Hindia.

Advertisement

Kesimpulan ini didapat setelah para investigator meneliti data rekaman radar dari berbagai negara di sekitar Malaysia, termasuk Indonesia. “Pesawat itu tidak terbang di atas Indonesia atau wilayah udaranya setelah berbelok ke barat dari di Laut China Selatan dan terbang melintasi Semenanjung Malaysia,” kata sumber tersebut seperti dikutip CNN.

Berdasarkan keterangan sumber tersebut, pesawat itu diduga kuat sengaja terbang mengikuti rute baru yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tujuannya adalah untuk menghindari deteksi radar. Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia menyatakan radar militer tidak mendeteksi pesawat tersebut di wilayah udara Indonesia.

Sebelumnya, pengamat intelijen, Prayitno Ramelan, dalam sebuah wawancara dengan Metro TV beberapa waktu lalu, mengungkapkan dugaan yang sama. Pesawat tersebut diduga menghindari radar Indonesia dan tidak berani masuk ke wilayah udara Indonesia karena penjagaan TNI AU yang dikenal sangat ketat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif