News
Senin, 6 Agustus 2012 - 14:45 WIB

MISI LUAR ANGKASA: Kendaraan Penjelajah NASA Tiba di Mars

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

FLORIDA—Kendaraan penjelajah angkasa milik lembaga antariksa AS, NASA, berhasil mendarat di Planet Mars hari ini, Senin (6/8). Kendaraan bernama Curiosity itu membawa sejumlah peralatan canggih untuk menjalankan misi Mars Science Laboratory milik NASA.

Advertisement

Berikut ini data dan fakta terkait misi tersebut, seperti dilansir AFP dan dikutip Phys.org:
Misi: Mempelajari daerah Gale Crater yang berada di kutub Mars untuk mengetahui kemungkinan kehidupan di Planet Merah. Misi ini akan dilakukan selama 98 minggu waktu Bumi.

Peluncuran: Misi tersebut diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, AS pada 26 November 2011 dengan roket Atlas V 541 oleh United Launch Alliance, perusahaan joint venture Boeing dan Lockheed. Perjalanan menuju Mars memakan waktu 8,5 bulan.

Pendaratan: Video berjudul “Seven Minutes of Terror” yang beredar di internet menggambarkan detik-detik pendaratan kendaraan NASA di Mars. Video ini dibuat oleh ilmuwan NASA. Proses pendaratan dimulai saat pesawat memasuki atmosfer Mars berjalan dengan kecepatan 13.200 mil per jam atau 5.900 meter per detik. Sepuluh menit sebelum memasuki atmofer Mars, pesawat tersebut menyiapkan sistem komunikasi. Sesaat setelah masuk ke dalam atmosfer pesawat membuka parasut untuk mendarat dengan kecepatan 1,7 mil per jam.

Advertisement

Kendaraan: Penjelajah angkasa milik NASA yang dinamakan Curiosity berukuran hampir sama dengan mobil. Kendaraan sebedar 900 kilogram itu dibuat dengan menghabiskan dana US$2,5 miliar.(ali)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Angkasa Mars Rover
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif