News
Selasa, 5 September 2017 - 13:30 WIB

Miris, Begini Kondisi Desa-Desa di Rakhine yang 99% Hangus Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto satelit memperlihatkan kondisi Rakhine. (Istimewa/Twitter/HRW)

Kabar mengenai sejumlah desa yang dibakar, diduga dilakukan oleh militer Myanmar.

Solopos.com, NAYPYIDAW – Organisasi pembela hak asai manusia, Human Right Watch (HRW), merilis sejumlah foto memperlihatkan sejumlah desa di Rakhine musnah dibakar. Foto itu memperlihatkan kondisi Rakhine dilihat melalui kamera satelit.

Advertisement

HRW menyerukan pemerintah Myanmar untuk mengizinkan pemantau independen menyelidiki peristiwa kekerasan di Negara Bagian Rakhine yang menimpa warga muslim Rohingya.

“Foto satelit terbaru ini memperlihatkan musnahnya sebuah desa muslim dan ini menandakan parahnya kerusakan di Rakhine, bahkan bisa jadi lebih buruk dari yang dibayangkan,” kata Direktur HRW untuk Asia Phil Roberteson, dilansir CNN, Senin (4/9/2017).

Foto yang diambil pada 31 Agustus di Desa Chein Khar Li di sebelah utara Rakhine itu memperlihatkan lebih dari 700 bangunan hangus terbakar atau sekitar 99 persen dari seluruh desa. “Ini hanya satu desa dari 17 lokasi tempat kebakaran terjadi,” kata Robertson.

Advertisement

Kabar mengenai sejumlah desa yang dibakar, diduga dilakukan oleh militer Myanmar, juga pernah muncul dalam laporan hasil penyelidikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun lalu.

Pada 27 Agustus lalu militer Myanmar dan warga lokal bersenjata diduga menggelar operasi besar-besaran pembantaian terhadap muslim Rohingya. “Pembantaian itu berlangsung kira-kira selama lima jam–dari pukul 14.00 hingga 19.00,” kata laporan Fortify Rights.

Sementara kantor berita Reuters menuturkan, lebih dari 2.600 desa dibumihanguskan di Rakhine. Peristiwa ini dianggap kekerasan terparah dialami minoritas muslim Rohingya selama beberapa dekade.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif