News
Jumat, 19 Januari 2024 - 09:53 WIB

Menteri yang Diisukan akan Mundur dari Kabinet Jokowi, Ada Sri Mulyani & Basuki

Akbar Evandio, Hesti Puji Lestari  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkeu Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berfoto setelah mencicipi pecel Madiun di warung pecel 99, Kamis (29/3/2018) siang. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Solopos.com, JAKARTA — Ada setidaknya belasan Menteri yang dikabarkan akan mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedang viral di media sosial kabar yang menyebut bahwa ada belasan menteri yang kabarnya akan mundur dari kabinet Jokowi 

Hal tersebut kali pertama disampaikan oleh ekonom Senior Indef Faisal Basri. Faisal mengatakan bahwa kurang lebih terdapat 15 menteri dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang tengah berencana untuk hengkang meninggalkan Presiden Jokowi. “Kira-kira 15 lah,” kata Faisal. 

Advertisement

Berikut adalah daftar Menteri yang menurut Faisal akan mundur dari kabinet Jokowi: 

1. 5 orang menteri yang berasal dari partai politik PDI Perjuangan. 

Advertisement

1. 5 orang menteri yang berasal dari partai politik PDI Perjuangan. 

2. 2 Menteri dari PKB. 

3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa. 

Advertisement

5. Menteri ESDM Arifin Tasri 

6. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 

7. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. 

Advertisement

8. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani 

9. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Menurut Faisal, alasan belasan menteri akan mundur dari kabinet Jokowi adalah menteri-menteri teknokrat. Menteri teknokrat dianggap memiliki standar nilai dan etika yang tidak tertulis. 

Advertisement

Sayangnya, dengan intervensi untuk melanggar aturan yang tidak sedikit, membuat mereka akan memilih untuk mundur. Hal ini biasa terjadi di negara-negara besar. 

“Teknokrat itu memiliki standar nilai, etika tidak tertulis, kalau diminta oleh atasannya yang akhirnya melanggar aturan, ‘oh dia bilang sorry enggak mau’ kalau mau terus, saya mundur. Itu biasa di mana-mana. Di Israel begitu,” kata Faisal.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Daftar 15 Menteri yang Dikabarkan Akan Mundur dari Kabinet Jokowi, Basuki hingga Sri Mulyani”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif