News
Kamis, 26 Oktober 2023 - 13:49 WIB

Menteri Agama Tunjuk Prof Nizar Jabat Plt Rektor UIN Walisongo Semarang

Brand Content  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prof Dr Nizar, M Ag mengemban amanat baru sebagai Plt Rektor UIN Walisongo, Semarang. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Prof Dr Nizar, M Ag mengemban amanat baru sebagai Plt Rektor UIN Walisongo, Semarang. Hal ini sesuai dengan Surat Perintah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Nomor 116244/B.II/3/2023.

Prof Nizar selaku Sekertaris Jenderal Kementerian Agama ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Rektor UIN Walisongo menggantikan Prof.D.Imam Taufiq,M.Ag. yang telah habis masa jabatannya.

Advertisement

Sebelumnya Imam Taufiq menjabat Rektor UIN Walisongo Semarang periode 2019-2023. Dalam masa kepemimpinannya Prof Imam berhasil membawa UIN Walisongo mendapatkan prestasi tertinggi sebagai Badan Publik Informatif dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik pada 2022 oleh Komisi Informasi Pusat(KIP).

UIN Walisongo meriah tertinggi ketiga untuk kategori perguruan tinggi dan lembaga paling informatif kategori PTKIN. Terhitung mulai 23 Oktober 2023, Prof Nizar disamping jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal Kementrian Agama juga melaksanakan tugas tambahan sebagai Pelaksana tugas Rektor Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang sampai dengan ditetapkan dan dilantiknya pejabat difinitif.

Sebelum menjadi Sekretaris Jenderal Kementrian Agama, Nizar Ali menjabat Penyelenggaraan Ibadah haji dan umrah di Indonesia menjabat selama tiga tahun sampai tahun 2020.

Advertisement

Prof Nizar Ali sebelumnya pada 16 September 2023 menghadiri pengukuhan tujuh guru besar di Riau. Dalam pidatonya dia menekankan peran guru besar yang diharapkan membawa perubahan yang signifikan ke arah yang lebih maju baik di bidang akademik dan non-akademik

Pada guru besar diharap mampu menghasilkan research yang bermanfaat dan menjadi solusi dan menjadi jalan keluar problem yang ada di masyarakat.

Harapannya juga guru besar bisa menjadi duta moderasi beragama yang senantiasa menggaungkan Islam Rahmatal lil’alamin Islam yang moderat.

Advertisement

UIN Walisongo menambah 15 guru besar di berbagai bidang keilmuan dan keagaamaan yang dapat memperkuat dan mengangkat reputasi akademik dan kualitas UIN Walisongo.

Keberadaan Prof Nizar Ali sebagai Plt Rektor UIN Walisongo diharapkan bisa membawa UIN Walisongo sebagai kampus kemanusiaan dan peradaban.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif