News
Selasa, 2 April 2024 - 16:38 WIB

Menhub Sarankan Mudik Duluan, Balik Belakangan

Newswire  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kondisi Stasiun Solo Balapan, Minggu (10/3/2024). (Istimewa/Dokumentasi Kementerian Perhubungan)

Solopos.com, SOLO — Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyarankan masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman agar melakukan mudik Lebaran 2024 lebih awal dan begitu pun ketika balik dilakukan paling akhir.

“Anjuran kita adalah mudik di H-5 dan seterusnya. Kita tahu cuti anak-anak 4-16 April 2024, jadi memungkinkan kepulangan lebih awal kembalinya lebih akhir,” kata Budi dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG dan Kepala Basarnas terkait Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Advertisement

Budi menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 hingga H-2 Lebaran. Oleh karena itu, dia menyarankan agar masyarakat segera mudik sebelum puncak arus balik tersebut.

“Hari H (Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah) di tanggal 10 dan 11 (April), puncak arus mudik di H-4, H-3, dan H-2 (Idulfitri),” ucap Budi seperti dikabarkan Antara.

Advertisement

“Hari H (Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah) di tanggal 10 dan 11 (April), puncak arus mudik di H-4, H-3, dan H-2 (Idulfitri),” ucap Budi seperti dikabarkan Antara.

Menurut Budi, dengan adanya libur Lebaran 2024 yang cukup panjang, maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

Budi juga memastikan telah melakukan berbagai langkah dan upaya secara maksimal untuk melayani masyarakat selama angkutan arus mudik maupun balik Lebaran 2024 di semua lintas moda transportasi.

Advertisement

“Dalam koordinasi kami dengan Kakorlantas kita lakukan lebih intens bahkan nanti Kakorlantas akan menyampaikan kapan akan dilakukan one way, contraflow,” jelas Budi.

Selain itu, berkoordinasi kepada lintas sektor termasuk menyiapkan Posko Mudik yang akan dibuka tanggal 3-18 April 2024, sehingga masyarakat yang mudik bisa sampai ke kampung halaman bahkan ketika balik pun tetap keadaan aman dan nyaman.

“Momen Idulfitri untuk persiapkan dengan hati-hati, dengan seksama. Dan kita menyambutnya dengan mengkordinasikan sampai dengan penyediaan BBM dan pelayanan transportasi yang lain,” kata Budi.

Advertisement

Budi menyebut Kementerian Perhubungan bersama Kominfo, BPS dan lembaga survei lainnya telah melakukan survei, di mana sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan bergerak selama libur Lebaran 2024.

“Oleh karenanya kami melakukan upaya yang ekstra keras ada potensi mudik dengan kereta api, bus, mobil pribadi dan motor cukup banyak,” tutur Budi.

Meski begitu, Budi mengajak masyarakat mudik menggunakan transportasi massal. Apalagi pihaknya menyiapkan mudik gratis baik lewat kapal laut, kereta api, hingga bus.

Advertisement

Untuk mudik gratis lewat darat yang disiapkan Kemenhub akan menyasar 33 kota dengan target 40.088, dan 900 unit motor, bakal diangkut menggunakan 722 bus.

Kemudian mudik gratis dengan kereta api kuota yang disiapkan sebanyak 28.196 orang, dan 12.280 untuk motor di 18 stasiun.

Sedangkan untuk mudik gratis lewat kapal laut kuta yang disiapkan sebanyak 39.289 penumpang dan 4.800 untuk kendaraan roda dua di luar motor listrik. Mudik gratis melalui transportasi laut melibatkan perusahaan swasta dan BUMN, dengan kuota untuk ribuan orang.

“Mudik gratis ini bukan hanya domain dilakukan Kementerian Perhubungan tetapi juga dilakukan oleh BUMN, kepolisian, kementerian-kementerian dan Pemda melakukan upaya itu,” ucap Budi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif