News
Sabtu, 21 Desember 2019 - 18:01 WIB

Mengintip Rumah Sederhana Artidjo Alkostar, Anggota Dewas KPK yang Rajin ke Masjid

Newswire  /  Adib M Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar bersiap mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Antara-Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, SLEMAN -- Mantan Hakim Agung, Artidjo Alkostar, kembali memegang jabatan publik, yakni anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Artidjo--yang selama ini dikenal galak terhadap terdakwa kasus korupsi--mencuri perhatian lantaran nilai kekayaannya yang terbilang sangat rendah untuk ukuran pejabat negara.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), nilai kekayaan Artidjo tak sampai Rp200 juta. Lalu bagaimana penampakan tempat tinggal Artidjo di kompleks perumahan Sidoarum, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta itu, sehari dia setelah dilantik sebagai anggota Dewas KPK?

Advertisement

Dilaporkan awak Suara.com (mitra Solopos.com) yang menyambangi kediaman mantan Hakim Agung tersebut, tak terlihat aktivitas berarti di rumah itu. Kata salah seorang tetangganya, Eni, rumah sederhana bercat putih yang sebagian lahannya ditumbuhi tanaman hijau itu sepi sejak beberapa hari lalu.

Timpang! Beda Kekayaan Ketua dan Dewan Pengawas KPK, Terutama Artidjo Alkostar

Advertisement

Timpang! Beda Kekayaan Ketua dan Dewan Pengawas KPK, Terutama Artidjo Alkostar

Ketika pintu pagar rumah yang memang dalam keadaan tertutup diketuk, tak ada satupun penghuni yang keluar dari rumah tersebut. Rupanya, aktivitas Artidjo lebih banyak di luar rumah ketimbang di rumah.

"Pak Artidjo sudah tahu semua kalau beliau orang penting. Memang biasanya begini lebih banyak aktivitas di luar rumah, jadi ya kediamannya memang lengang begini," terangnya, Sabtu (21/12/2019).

Advertisement

Kekayaan Tak Sampai Rp200 Juta, Artidjo Alkostar Termiskin di Dewas KPK

Meski punya banyak kegiatan di luar, Artidjo dikenal sosok yang ramah dan tak kurang bersosialisasi dengan warga kompleks perumahan.

"Biar kata orang penting tapi beliau itu sederhana ya seperti warga sekitar umumnya. Bahkan meski waktunya banyak di luar, kalau pas pulang ya ngobrol sama warga sering juga di depan rumah," ungkapnya.

Advertisement

Pegawai KPK Ingin Hengkang, Firli Bantah Karena Status ASN

Selain sederhana, Eni menyebut Artidjo juga sosok yang religius. Saat di rumah, aktivitasnya tak jauh dari kegiatan di masjid.

"Beliau sering kok kalau pas di rumah ya menyempatkan ke masjid melaksanakan ibadah," lanjutnya.

Advertisement

Sebagai warga, Eni pun mendoakan kesuksesan bagi Artidjo atas tugas baru sebagai Dewan Pengawas KPK yang diembannya. Ia berharap, Artidjo bisa bekerja sesuai hati nurani dan amanah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif