News
Jumat, 8 Desember 2017 - 20:55 WIB

Mendikbud Nyatakan Tahun Depan Ujian Akhir Sekolah Gunakan Soal Essay

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi saat bercengkerama dengan siswa SD Negeri Gunungkunir, Candirejo, Semanu, Jumat (8/12/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat terobosan dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat terobosan dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah. Pasalnya dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) mulai tahun depan menggunakan model essay.

Advertisement

“Akan lebih variatif karena mulai tahun depan soal ujian akhir sekolah akan menggunakan soal essay,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi saat berkunjung ke Gunungkidul, Jumat (8/12/2017).

Menurut dia, penggunaan soal dengan model essay dalam USBN merupakan jawaban terhadap tantangan yang ada di abad 21. Terlebih lagi, kata Muhadjir, dengan soal model essay akan melatih kemampuan siswa untuk lebih berkembang dalam melakukan sebuah analisa.

“Model soal essay dapat membantu siswa mengembangkan bakat dan kemampuan diri sehingga dapat menjawab semua tantangan di jaman sekarang,” tuturnya.

Advertisement

Untuk kesiapan ini, dia mengaku sudah melakukan pelatihan kepada guru dalam hal membuat soal-soal yang memuat jawaban soal essay. “Sudah dilatih sehingga tinggal mengimplementasikan dalam membuat soal-soal itu,” katanya.

Lebih jauh dikatakan Muhadjir, untuk persiapan Ujian Nasional tahun ajaran 2017-2018, pihaknya sudah mematok target seluruh sekolah tingkat SMA/SMK sederajat akan menggunakan model ujian dengan komputer. Sedang untuk tingkat SMP pelaksanaan UNBK menyasar 80% sekolah di Indonesia.

“Kalau tingkat SMA-SMK semua sudah harus ujian dengan komputer, sedang untuk tingkat SMP masih dalam proses bertahap karena belum semua sekolah menerapkan UNBK,” katanya lagi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif