News
Rabu, 10 Desember 2014 - 11:45 WIB

MEA 2015 : Pengusaha Konstruksi Siapkan SDM Hadapi MEA Tahun Depan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pekerjaan konstruksi (JIBI/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015, pelaku sektor konstruksi diharapkan mempercepat pelatihan sumber daya manusia (SDM) di bidang tersebut.

“Pelaku konstruksi agar tidak khawatir secara berlebihan, namun juga juga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya,” kata Sekretaris Badan Pembinaan Konstruksi Panani Kasai dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Advertisement

Untuk itu, menurut dia, yang perlu dilakukan antara lain percepatan pelatihan sumber daya manusia konstruksi, penguasaan teknologi, harmonisasi regulasi, dan penguatan struktur usaha serta kerja sama regional konstruksi.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap stakeholders (pemangku kepentingan) jasa konstruksi dapat menyikapi terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015 secara proporsional.

Ia juga menginginkan agar pemberlakuan pasar tunggal ASEAN hendaknya tidak dipandang sebagai ancaman masuknya pelaku usaha dari negara anggota ASEAN lainnya ke Indonesia.

Advertisement

“Namun harus dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi pelaku usaha Indonesia untuk memperluas penetrasi pasar ke negara-negara ASEAN tersebut,” kata Panani.

Sebelumnya, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Raja Sapta Oktohari meminta pemerintah memberikan perlindungan bagi pengusaha menjelang penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 melalui sistem standardisasi.

“Setiap produk yang punya potensi andalan lokal harus ada standardisasi agar bisa keluar [ekspor]. Begitu pula sebaliknya, yang dari luar pun kalau tidak memenuhi standar, tidak boleh masuk sini,” kata Okto di Jakarta, Senin (8/12/2014).

Advertisement

Menurut dia, dengan kebijakan regional seperti MEA, membuat standarisasi sebagai pelindung pasar lokal merupakan hal yang sangat teramat penting.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif