News
Senin, 8 Juni 2015 - 22:15 WIB

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN : Indonesia Adopsi Standar Kompetensi dari Australia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Masyarakat ekonomi ASEAN akan diterapkan di seluruh negara anggota ASEAN.

Solopos.com, JAKARTA – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) belum membangun sistem standar kompetensi sertifikasi profesi berbagai sektor prioritas untuk menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hal itu karena terkendala harga mahal.

Advertisement

Ketua BNSP Sumarna F. Abdurahman menyatakan biaya dalam satu paket lebih dari Rp300 juta. Misalnya ambil paket standar kompetensi profesi otomotif, di dalamnya mencapai lebih dari 100 kompetensi mulai maintenance, pemeliharaan dan lainnya.

“Standar kompetensi memang relatif mahal. Oleh karena itu BNSP mulai melakukan terobosan mengadopsi standar kompetensi dari luar,” katanya seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/6/2015).

Salah satu yang diadopsi adalah standar kompetensi di Australia karena semua negara ASEAN mengadopsi sana. Selama ini ASEAN kiblatnya Australia sehingga standar kompetensinya dipastikan diakui secara regional.

Advertisement

BNSP sudah mengantongi izin untuk mengadopsi standar kompetensi 12 sektor prioritas ASEAN. Namun tidak semuanya diambil karena untuk bidang otomotif dan elektronika sudah bekerja sama dengan Japada, BNSP-nya Jepang.

Kerjasama dimulai tahun ini dan diharapkan akhir tahun ada 120.000 tenaga kerja 12 sektor yang bersertifikat Asean.

Kendala kedua, menurut Sumarna belum semua lembaga pendidikan dan pelatihan membuat kurikulum berbasis standar sehingga output dari pelatihan dan pendidikan itu tidak bisa dilakukan ujinya.

Advertisement

“Oleh karena itu kita laporkan kepada bapak presiden awalnya itu di standar, kalau standar sudah ada lembaga pendidikan akan mengadop dalam kurikulumnya dan kita akan mendapat lulusan yang siap untuk diuji,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif