News
Sabtu, 17 Desember 2022 - 23:30 WIB

Masuki Kandang Banteng, Sukarelawan Anies Baswedan Kian Tertantang

Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para sukarelawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Para sukarelawan pendukung bakal calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan, bergerilya di kandang banteng, Jawa Tengah.

Para sukarelawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) mulai mematangkan strategi untuk meraih suara di wilayah yang dipimpin Ganjar Pranowo itu.

Advertisement

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Anies, Laode Basir, menekankan setiap sukarelawan Anies Baswedan mesti memiliki karakter heterogen atau menyasar semua kalangan, mulai dari laki-laki, perempuan hingga semua komunitas.

Bahkan, ia mengaku semua daerah harus dibidik, termasuk Jateng yang terkenal dengan kandang banteng PDIP.

Advertisement

Bahkan, ia mengaku semua daerah harus dibidik, termasuk Jateng yang terkenal dengan kandang banteng PDIP.

Baca Juga: Balad Jokowi: Ganjar Pranowo-Erick Thohir Impian Masyarakat Priangan Timur

“Di Indonesia ada 34 provinsi sudah terbentuk sukarelawan Anies. Dan bagi kami tidak ada kandang banteng, semuanya harus bisa dimasuki. Kami tugasnya menyosialisasikan, menyampaikan gagasan dan apa saja keunggulannya. Karena itulah, masyarakat Indonesia tidak boleh sembarangan memilih pemimpin,” kata Laode seusai pengukuhan Relawan Anies Jateng di Hotel Grasia Semarang, Sabtu (17/12/2022).

Advertisement

Baca Juga: Bawaslu Sebut Safari Politik Anies Kurang Etis, PDIP Tuding Melanggar Etika

Pasalnya, kampanye baru dimulai pada 28 November 2023 atau 78 hari sebelum hari pemilihan.

“Tahapan pendaftaran mulai Oktober 2023. Sisanya adalah masa abu-abu sesuai undang-undang. Sehingga kami konsolidasikan sukarelawan. Insyallah hasil tidak akan mengkhianati usaha,” sambungnya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua Relawan Anies Jateng, Joko Purnomo, megatakan sampai sekarang total sukarelawan Anies Baswedan yang ada di wilayahnya mencapai 930 orang.

Baca Juga: Duh, Hanya Partai Ummat Amien Rais yang Tak Lolos ke Pemilu 2024

Kepengurusan sukarelawan Anies juga telah terbentuk di 22 kabupaten/kota dari total 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng.

Advertisement

“Kita terus upayakan lakukan pengembangan jaringan. Besok kita deklarasikan sukarelawan di Tegal dan Blora. Lalu pekan depan menyasar ke Salatiga, Solo, Wonogiri. Ini kita kerjakan tanpa pernah berhenti. Target kita bisa membentuk sampai tingkat TPS,” kata Joko.

Joko menambahkan, setiap organisasi masyarakat (Ormas) kepemudaan telah diajak berkolaborasi untuk memenangkan perolehan suara Anies Baswedan.

Baca Juga: Istana: Presiden Jokowi Sempat Menolak Pemberian Rumah

Selain itu, terdapat juga soliditas dari para tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur elemen lainnya.

“Target kita menangkan perolehan suara Anies Baswedan 57 persen atau kalau bisa 70 persen,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif