News
Rabu, 18 Maret 2009 - 14:59 WIB

Marilyn Monroe dijadikan wayang

Redaksi Solopos.com  /  Budi Cahyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Figur selebritas atau tokoh dunia seperti Marilyn Monroe, Hitler, Charlie Chaplin, John Lennon masih tetap menarik perhatian sejumlah perupa.

Kardy Balowa, seorang perupa asal Wonogiri yang juga seorang dalang, menampilkan Marilyn Monroe dengan wayang, dengan kuda (catur) dan dengan bunga ros sebagai simbol perempuan. Kekontrasan Marilyn Monroe dengan wayang ini memberi gambaran bahwa Kardy ingin secara frontal mempertemukan dua kultur yang berbeda, tapi diasumsikan bisa bertemu.

Advertisement

Pada sisi lain, Kardy menampilkan cerita Perang Bharatayudha dalam karya berjudul Srikandi vs Bismo. Lukisan berukuran 100 cm x 130 cm yang dibuat dengan cat minyak ini digambarkan wajah Bismo dan Srikandi dengan anak panahnya dan latar belakang papan catur yang menjadi simbol medan tempur, dihiasi bidak catur.

“Setiap karya ada ceritanya,” kata Kardy yang sedang mempersiapkan pameran dalam waktu dekat.

Kardy juga melukiskan tokoh pewayangan seperti Kamajaya dan Btari Ratih serta Raden Abimanyu dan Dewi Utari, pasangan harmonis yang dibuat secara detail. Harga karya Kardy Rp15 juta-Rp35 juta.

Advertisement

Kardy Balowa kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, 26 Agustus 1975 awalnya sebagai pelukis wayang kulit pada 1990-an. Kemudian dia belajar dengan sejumlah pelukis senior di Yogyakarta dan Jakarta, mulai dari sketsa sampai melukis dengan berbagai media. Sejumlah karyanya sudah dilelang oleh Sidharta Auctioneer. (JIBI/Bisnis.com)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif