News
Rabu, 30 Juni 2021 - 01:00 WIB

Langka! Fosil Dinosaurus Ditemukan Utuh, Panjangnya Mencapai 8 Meter

Latif Ghufron Aula  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fosil dinosaurus yang ditemukan dengan keadaan utuh.(Dailymail)

Solopos.com, SOLO — Penemuan fosil dinosaurus jurassic oleh ahli Paleontologi di China dengan kondisi lengkap menjadi kejadian langka di dunia. Fosil ditemukan setelah melakukan penggalian pada akhir Mei 2021, di Kota Lufeng, Cina Barat Daya.

Fosil dinosaurus itu ditemukan dengan kondisi utuh 70% dengan panjang perkiraan 8 meter. Fosil ini ditemukan pada bidang tanah dan diperkirakan berusia 180 juta tahun.

Advertisement

Penemuan kerangka Dinosaurus di Kota Lufeng menjadi kejadian yang langka dalam dunia Paleontologi. Para ahli Paleontologi menyambut baik temuan fosil dinosaurus di wilayahnya.

Baca Juga : Cara Arkeolog Bersihkan Fosil dari Kerak Ternyata Pakai Bahan Sederhana Ini

Kepala penelitian dan Konservasi Fosil Dinosaurus Kota Lufeng, Wang Tao, mengungkapkan bahwa fosil yang ditemukan sangat lengkap dan jarang ditemukan sebelumnya di dunia. Wang Tao berpendapat fosil yang ditemukan merupakan harta nasional yang harus dijaga. Dia dan timnya masih terus menggali tengkorak dinosaurus.

Advertisement

“Berdasarkan fosil yang telah ditemukan selama bertahun-tahun, melihat pada ekor, tulang, paha, kami meyakini fosil ini adalah kenis Lufengosaurus raksasa, yang hidup pada periode awal Jurassic,” kata Wang Tao seperti dikutip dari Daily Mail Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Pekerja Bangunan Temukan Kuburan Hewan Purba di Bandara Baru Meksiko

Pusat penelitian ini merencanakan untuk melakukan penggalian untuk menyelamatkan fosil di tempat yang berisiko erosi tanah.

Advertisement

Baca Juga: Joss... Sudarsono Sragen Temukan 4.000 Fosil Berkat Wangsit

Pada tahun 2017 spesies ini menjadi berita utama saat protein kolagennya ditemukan di tulang rusuk fosil Lufengosauarus. Sementara para ilmuan meyakini adanya fosil dinosaurus setelah menemukan jejak mineral yang ada dalam darah Dinosaurus.

Advertisement
Kata Kunci : Fosil Kerangka Cina Tiongkok
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif