News
Jumat, 18 Juli 2014 - 00:36 WIB

MALAYSIA AIRLINES JATUH : Ada Warga Indonesia di MH17 yang Jatuh di Ukraina

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang milik Malaysia Airlines (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO – Pesawat Malaysia Airlines (MAS) yang mengangkut 295 penumpang, Kamis (17/7/2014) malam WIB, dikabarkan jatuh di Ukraina, tak jauh dari perbatasan Rusia. Berdasarkan pengakuan pemirsa Metro TV dan Kompas TV, ada sanak  keluarga mereka yang menumpang pesawat bernomor penerbangan MH17 itu.

Sebelumnya, Maskapai Malaysia Airlines melalui akun Twitter-nya, mengonfirmasi bahwa mereka telah kehilangan kontak dengan pesawat saat masuk di wilayah udara Ukraina. Pesawat Boing 777 tersebut terbang dengan rute perjalanan Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Pesawat itu dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur, Jumat (18/7/2014) pagi, sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Advertisement

Tertembaknya pesawat MH17 kala melintas di kawasan yang tengah dilanda konflik itu diduga menjadi penyebabnya jatuh. Meski demikian, Presiden Ukraina, Petro Poroshenko mengakui kemungkinan pesawat MH17 tersebut jatuh setelah ditembak. “Kami tidak menutup kemungkinan pesawat itu ditembak jatuh dan mengonfirmasikan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina tidak menembak apapun yang ada di udara,” kata Poroshenko dalam pernyataannya yang dimuat di website presiden.

Dikutip Australia Network News, Kamis (17/7/2014), Presiden Malaysia Najib Razak mengaku terkejut mendengar kabar ini. Melalui akun Twitter-nya , Razak mengatakan akan menyelidiki kasus tersebut secepatnya. “Saya terkejut oleh laporan yang menyebutkan pesawat MH jatuh. Kami meluncurkan penyelidikan segera,” ujar Najib Razak di akun Twitter-nya.

Diperkirakan seluruh penumpang tewas akibat peristiwa tersebut. Keyakinan atas telah meninggal dunianya seluruh penumpang pesawat tersebut sontak menebar duka. Jika semula masih muncul tanda tanya tentang keberadaan warga negara Indonesia (WNI) di pesawat malang itu, maka siaran interaktif dengar pemirsa yang ditayangkan stasiun televisi swasta di Indonesia menjawabnya.

Advertisement

Redaksi Metro TV menerima kabar dari pemirsanya tentang adanya WNI di Eindhoven bernama Ninik Yuliani yang hendak mudik berlebaran ke kampung halamannya di Wonosobo, Jawa Tengah turut serta di pesawat nahas tersebut. Kakak Ninik, Yuriah Tansil dengan setengah terisak mengisahkan bahwa adiknya itu mestinya sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 09.00 WIB.

Sedangkan pemirsa Kompas TV bernama Murtini menyebutkan kakaknya yang warga Solo, Jawa Tengah bernama Supartini juga turut naik pesawat tersebut. Adakah WNI lain dalam pesawat Malaysia Airlines yang nahas itu?

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif